oleh

Pemegang Polis AJB Bumiputra Di Magetan, Keluhkan Pencairan Klaim

Pemegang Polis AJB Bumiputra Menekan Pihak Asuransi Segera Mencairkan Klaim Yang Diajukan Nasabah

Beritatrends.com, Magetan – Sejumlah pemegang polis Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera (AJBB) Kabupaten Magetan terus meminta pihak asuransi segera mencairkan klaim yang diajukan dalam beberapa bulan terakhir. Lembaga asuransi tertua di Indonesia tersebut kini sedang mencari jalan penyelamatan akibat kesulitan keuangan.

Salah satunya, Rasminingsih yang menuliskan keluhan mengenai lamanya pencairan klaim dari Bumiputera. Padahal, ia telah mengajukan klaim sejak 10 Juli 2017 dengan nomor polis 211100591210 dan 211100405307.

“Saya sudah konfirmasi ke Cabang Magetan dan berkali-kali kirim e-mail ke pusat untuk meminta penjelasan tentang uang saya, tetapi tidak ada tanggapan,”ujar Rasminingsih, Kamis (19/7/2018).

Menurutnya, pihak cabang menginformasikan bahwa pengajuan klaimnya telah disetujui dan hanya tinggal menunggu keputusan dari kantor pusat.

“Dari rekap inline Bumiputera terlihat disetujui PC tanggal 10/7/2017 baru diproses tanggal 09 November 2017. Dari sistem inline sudah disetujui Departemen Klaim tanggal 9 November 2017, tapi sampai tanggal 19 Juli2018 atau sampai detik ini sudah satu tahun belum ada pencairan,”terangnya.

Walhasil, pada 17 Juli 2018, Rasminingsih kembali menghubungi Bumiputera Cabang Magetan. Sayangnya, pihak cabang mengatakan belum bisa berbuat apa-apa lantaran semua tanggung jawab berada di pusat. “Sampai detik ini, uang asuransi saya belum cair juga,”imbuhnya karena kami juga nasabah.

Untuk itu, ia meminta kepada Bumiputera agar segera mencairkan pengajuan klaimnya. “Tolong penuhi kewajiban Anda dan berikan hak saya sebagai nasabah Anda. kalau seperti ini, bagaimana saya dan yang lain bisa percaya AJB Bumiputera,”katanya.

Menurut Tukiran dan Ratna yang juga sebagai Pegawai Cabang Magetan mengatakan, semenjak AJB Bumiputra di hendel oleh pemerintah menjadi kacau mas dulu Magetan menjadi cabang sedangkan sekarang bukan kantor cabang lagi dan semua urusan yang menghendel untuk klaim yang menangan adalah pusat.

“Memang jadi repot kami sebagai kantor yang berada di Magetan, tidak mempunyai kewenangan seperti yang sudah-sudah, dulu nasabah saat klaim tidak pakai lama paling lama proses tiga bulan sudah cair,”ucapnya.

Ditambahkan Ratna, kami hanya bisa membantu nasabah dengan cara menyarankan menulis surat keberatan kepada AJB Bumiputra atas Klaim Polis yang sudah jatuh tempo.

“Kemungkinan dengan cara ini bisa mempercepat proses klaim yang dilakukan nasabah, hanya dengan cara ini lah yang hanya bisa kami lakukan untuk meredam para nasabah,”pungkas Ratna (Gal)

News Feed