oleh

DISNAKER Magetan : Tidak Ada Santunan Untuk Keluarga Almarhumah Dwi Lestari TKI (Kaburan)

Moh Lahuri, Kepala bidang pelatihan dan penempatan tenaga kerja Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Magetan.

Beritatrends.com, Magetan – Pada Rabu, 4 Juli 2018, Dwi Lestari (31) TKI (Ilegal) asal Dusun Tegal Rejo Rt.01/Rw.03, Desa Tunggur, Kecamatan Lembeyan, Magetan dikabarkan meninggal dunia di RS Hsinchu Taiwan.

Hasil otopsi dan hasil Visum di RS Hsinchu Taiwan tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan pada jenazah Dwi Lestari, dan korban dinyatakan meninggal dikarenakan sakit.

Setelah proses pemulangan selama 9  hari Jenazah langsung diterbangkan dari Taiwan ke Indonesia dan Jum’at petang (13/7/2018) sudah tiba di Bandara Juanda (Surabaya), dan sampai ke rumah duka di Magetan sekitar Pukul Sabtu pagi (14/7/2018).

Dwi Lestari bin Suwarno awalnya TKI Resmi, data pada Depnaker Hsinchu Dwi Lesatri kabur dari majikan sejak 30 Januari 2013.

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Magetan  hanya bisa memfasilitasi pemulangan jenazah dari Juanda sampai alamat jenazah, apa bila terjadi Kematian TKI (Ilegal).

Kepala bidamg pelatihan dan penempatan tenaga kerja Dinas Tenaga Kerja (Dipnaker) Moh Lahuri mengatakan,”Pemerintah hanya bisa memfasilitasi pemulangan Jenajah TKI (ilegal) tersebut dari Juanda sampai alamat almarhumah,” ujarnya.

Kami tidak bisa memberikan santunan materi, dikarenakan dalam dokumentasi jenazah tersebut tidak terdapat paspor  maupun data PT nya terdahulu dogumakam saat diberangkatkan ke luar negeri,” Ungkap Lahuri.

Lahuri menambahkan,”biarpun nanti ada paspor maupun Data PT nya terdahulu, kami tetap tidak bisa membantu, karena itu sudah lepas dari PT,” pungkasnya. (Gal)

News Feed