oleh

Tinggal 1 Hari, Belum Ada Bakal Caleg Yang Mendaftar Ke-KPU Magetan

Nur Salam, S.Pd.I Komisioner KPUD Magetan dengan salah satu pegawai sekretariatan menunggu parpol yang akan mendaftarkan kadernya sebagai bakal Caleg 2018, namun belum ada saatupun yang datang mendaftar, Senin (16/7/2018).

Beritatrends.com, Magetan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magetan membuka pendaftaran Bakal Calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Magetan untuk pemilihan umum tahun 2019 sejak Senin 4 Juli 2018 lalu.

Tinggal sehari jelang berakhirnya masa pedaftaran bakal caleg DPRD pada 17 Juli nanti, belum ada satupun parpol yang datang ke KPU untuk mendaftarkan para kader-kadernya dalam kontestasi Pileg 2019 mendatang.

Hal tersebut dibenarkan oleh salah satu komisioner KPUD Magetan Nur Salam yang menuturkan pihaknya masih belum menerima berkas pendaftaran bakal caleg dari para parpol kontestan Pemilu 2019.

“Hingga hari ini belum ada parpol yang mendaftarkan bakal calegnya ke KPUD Magetan. Sebelumnya hampir semua Parpol sudah merapat ke KPU, namun sifatnya hanya konsultasi pendaftaran dan belum memberikan konfirmasi lanjutan,”ujarnya saat ditemui di Kantor KPUD, di Jalan Karya Dharma, Senin (16/7/2018).

Salam memperkirakan para parpol akan menggunakan sisa waktu 1 hari besuk untuk melakukan pendaftaran ke KPUD Magetan. Meski nantinya dikhawatirkan terjadi penumpukan pendaftaran pada hari tersebut, pihaknya mengaku secara teknis dan sumber daya telah siap untuk melayani proses pendaftaran tersebut.

“Empat Form ini wajib mutlak ada pada saat tahap mereka penyerahan pengajuan pencalonan legislatif ke KPU Magetan, Yaitu form B, B1,B2 dan B3,” kata Salam.

Terkait syarat dukungan administrasi
Formulir B Pencalonan, Formulir B1 daftar caleg, yang jumlahnya 100 persen dari kursi yang diperebutkan di Dapil. Pemenuhan 30 persen paling minimal keterwakilan perempuan dan posisi penempatan perempuan harus tepat.

Kemudian Formulir B2 seleksi internal, pernyataan seleksi internal partai bahwa mereka telah melakukan secara demokratis dan terbuka.

Serta, Formulir B3 fakta integritas partai yang menyatakan bahwa calon yang mereka ajukan bukanlah mantan terpidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak atau mantan terpidana korupsi.

Salam pun menyarankan agar para parpol melengkapi segala persyaratan yang diharuskan dibawa pada saat proses pendaftaran. Pasalnya, dengan sisa waktu 1 hari besuk dikhawatirkan parpol tidak bisa melakukan perbaikan bilamana terdapat hal-hal yang secara administratif dinyatakan kelengkapanya kurang.

“Karena sudah tidak panjang lagi tinggal 1 hari masa pendaftaran saya berharap berkas yang dibawah sudah memenuhi semua persyaratan jadi tidak akan merepotkan penyelenggara dan peserta sendiri,”ungkapnya.

Dirinya juga menegaskan kembali KPUD Magetan tidak akan memperpanjang masa pendaftaran bakal caleg untuk Pemilu 2019. Pasalnya hal tersebut nantinya akan berpengaruh terhadap jadwal Pemilu sendiri yang telah dijadwal serta ditentukan oleh KPU.

Sebagai informasi, KPUD Magetan telah menetapkan tahapan masa pendaftaran caleg untuk pileg 2019 yakni pada 4-17 Juli 2018. Selanjutnya proses verifikasi kelengkapan administrasi daftar calon dan bakal calon dijadwalkan pada 5-18 Juli 2018.

Nantinya, penyampaian hasil verifikasi kelengkapan administrasi dilakukan pada 19-21 Juli 2018. Dilanjutkan dengan perbaikan daftar calon dan syarat calon serta pengajuan bakal calon pengganti anggota DPR-DPRD bisa dilakukan pada 22-31 Juli 2018.

Verifikasi terhadap perbaikan daftar dan syarat calon harus dilakukan pada 1-7 Agustus 2018. Selanjutnya, penyusunan dan penetapan daftar calon sementara (DCS) anggota DPR-DPRD dilakukan pada 8-12 Agustus 2018. Sebelum akhirnya diumumkan pada 12-14 Agustus 2018.(Gal)

News Feed