oleh

Harga Hewan Kurban Wilayah Magetan Sejak Dua Minggu Mulai Naik

Pasar Sapi Plaosan Magetan, Jumat (13/7/2018)

Beritatrends.com, Mageta – Harga hewan kurban di wilayah Kabupaten Magetan mengalami peningkatan menjelang Hari Raya Idul Adha 1439 H yang diperkirakan jatuh pada 22 Agustus 2018 mendatang. Di wilayah Kecamatan Plaosan Magetan, harga hewan kurban mengalami peningkatan mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 500.000. Nilai jual sapi meningkat, hal ini mulai tampak di Pasar Sapi Plaosan Kabupaten Magetan, Jumat (13/7/2018)

Hal ini terjadi karena pedagang yang biasa kirim Sapi  Kurban ke Jakarta dan sekitarnya mulai ramai memadati pasar, disamping itu pengirim rutin sapi potong juga tetap belanja.

Yanto (40) salah satu pengirim hewan kurban menuturkan, sudah sejak dua minggu kemarin mulai belanja sapi kurban karena permintaan tiap tahun selalu meningkat, seperti halnya tahun kemarin bisa mengirim 130 ekor baik sapi asal Magetan dan sekitarnya juga di tambah sapi dari Madura. “Persiapan untuk kurban tahun ini kurang lebih 150 sampai 200 eko,” tutur Yanto

Ditambahkan Yanto, penjualan di Jakarta harga kambing seberat 30 kilogram mencapai Rp. 3 juta hingga Rp. 3,6 juta per ekor atau harga naik dibanding tahun 2017 hanya Rp. 2,1 juta per ekor

“Biasanya pembeli lebih ramai ketika mendekati hari Lebaran Idul Adha, sekitar dua minggu sebelum lebaran tanggal  10 Agustus 2018,” kata Yanto

Yanto menambahkan permintaan masyarakat terhadap hewan kurban semakin meningkat setiap tahunnya sehingga bermunculan penjual hewan kurban dadakan. Harga hewan kurban akan terus meningkat seiring dengan mendekati hari Raya Idul Adha.

Yanto berharap pembeli segera membeli hewan kurban miliknya agar dia tidak terlalu lama merawat hewan-hewan kurban tersebut. Kenaikan hewan kurban saat mendekati hari Raya Idul Adha melonjak drastis. Kenaikan harga itu bisa berkisar dari Rp. 1 juta hingga Rp. 3 juta per ekor.

Yantro mulai berdagang hewan kurban sejak tahun 2000. Hewan kurban milik Yanto diternakkan di daerah Plaosan, Panekan dan Maulana tidak khawatir dengan banyaknya penjual hewan kurban.

Pedagang hewan kurban lainnya, Sartono (44) mengatakan harga hewan kurban melonjak dari Rp. 3,1 juta mencapai Rp. 3,6 juta per ekor untuk kambing seberat 36 kilogram.

“Tahun 2017, saya menjual domba tanduk kira-kira seberat 36 kilogram dengan harga Rp. 3,1 juta per ekor sekarang saya jual seharga Rp. 3,3 juta per ekor,” kata Sartono

Sartono mengatakan kenaikan harga hewan kurban memang selalu terjadi di setiap tahun menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha. Sartono juga menjual sapi seberat 250 kilogram seharga Rp. 18 juta per ekor dibandingkan dengan harga tahun lalu Rp. 15 juta per ekor. Sementara itu, harga domba seberat 35 kilogram tahun 2018 melonjak hingga Rp. 3,1 juta per ekor, tahun sebelumnya Sartono menjual seharga Rp.2,9 juta per ekor. (Jumali)

News Feed