oleh

Cegah PTM, Dinkes Periksa Kesehatan ASN

Pelayanan PTM di Dinas Tanaman Pangan, Hortikultural, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (THPKP), Rabu (11/7/2018).

Beritatrends.com, Magetan – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magetan lakukan pemeriksaan rutin Penyakit Tidak Menular (PTM) kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Didik Setyo Margono melalui penanggung jawab Kegiatan PTM, Hariati mengatakan Dinkes akan mengadakan kegiatan deteksi dini faktor resiko PTM di seluruh instasi/Kantor Lingkungan Pemkab Magetan yang sudah dijadwalkan.

“Pelayanan keliling secara gratis akan digelar tanggal 11,12,13,17,18,19,24 dan 25 Juli 2018, dalam upaya pencegahan dan pengendalian terhadap PTM,”terang Hariati, Kamis (12/11/2018).

Kita yang mendatangi kantor dengan memberikan pelayanan cek gratis di instasi, yang sudah kita himbau sebelumnya

“Pemeriksaan kesehatan atau penyakit tidak menular tersebut seperti, pemeriksaan kolestrol, Gula darah dan asam urat. Kemudian, pemeriksaan tidak dipungut biaya sedikitpun dalam artian gratis, dan ASN atau pegawai bebas memeriksakan kondisi kesehatan badanya pada pelayanan PTM tersebut,”ucap Hariati.

Lanjutnya, jika dalam pemeriksaan tersebut memang harus diberikan obat, maka pasien bisa mengambilnya di puskesmas terdekat.

“Ini program rutin setiap tahun kita laksanakan dengan tujuan untuk mendeteksi dini penyakit tidak menular dan meningkatkan kesehatan masyarakat yang ada di lingkungan Pemkab Magetan,” ucapnya.

Tujuan lain dari cek kesehatan tersebut adalah kesehatan pegawai bisa terkontrol. Artinya bisa menjaga kesehatan ASN yang outputnya kepada kinerja yang baik.

“Diharapkan ketika kesehatan ASN bisa dicek secara rutin, akan mempengaruhi kesehatan dan kualitas kinerja dalam hal ini pelayanan kepada masyarakat bisa baik,”terang Hariati.

Hariati juga berharap, pemerintah pusat atau kementerian memberikan bantuan KIT posbindu PTM dasar sehingga proses pelayanan akan lebih maksimal.
“Dalam KIT posbindu PTM dasar, ini ada alat-alat untuk mendeteksi penyakit-penyakit tidak menular yang ada di dalam tubuh,”katanya.

Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat ASN Pemkab Magetan untuk menjalankan pola hidup sehat dan selalu berolahraga. Karena, olahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Sudiro, salah seorang ASN Pemkab Magetan mengaku senang dengan adanya pelayanan PTM keliling ini, karena dirinya bisa mengetahui kadar gula, kolesterol, dan asam urat di tubuhnya.

“Kalau ke puskesmas kan kita harus antre, padahal kan cuman cek aja, kalau pelayanan keliling ini kan lebih terbantu,”ucap Sudiro, Kamis (12/7/2018).

Dalam cek kesehatan tersebut pegawai bisa mengetahui berapa tekanan darahnya, asam urat, gula darah dan kolesterol. saat pelayanan ASN juga bisa melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter. (Gal)

News Feed