oleh

Evaluasi Pilkada dan Bintek KPUD Kabupaten Magetan di Hotel Griya Persada Yogyakarta

Wahyudi Budiono salah satu aktifis yang menyayangkan Bintek dan evaluasi Pilkada harus Di hotel dan tempatnya di di Yogyakarta dan Dua surat yang ditujukan ke Ketua PPK dan Para Anggota PPK, Selasa (10/7/2018)

 

Beritatrends.com, Magetan – Sesuai undangan yang beredar kepada Ketua dan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Nomor : 773/UND.03.2-SD/3520/KPU.Kab/VII/2018 dengan agenda Rapat koordinasi Pemutahiran Data Pemilihan dalam Pemilihan Umum Tahun 2018 yang diikuti Ketua dan anggota PPK dan anggota PPK, Rabu (11/7/2018) besuk. Dan Nomor Surat : 772/UND.03.2-SD/3520/KPU.Kab/2018 dengan agenda Rapat Kerja Evaluasi Pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magetan 2018 yang di ikuti Ketua PPK Angota PPK dan Sekretaris PPK, Kamis (12/7/2018) besuk.

Memang kalau dilihat dari undangannya itu merupakan dalam rangka mengevaluasi rangkaian kegiatan pemutakhiran data pemilih dan persiapan penetapan DPS di Desa, Kecamatan serta tingkat KPU Kabupaten Magetan.

Rencana acara tersebut KPUD Magetan melaksanakan Rapat Koordinasi (rakor) pemutakhiran data pemilih sekaligus bimbingan teknis (bimtek) aplikasi sistem informasi data pemilih (sidalih). Rakor tersebut dilaksanakan di Hotel Griya Persada Jalan Bayong No. 99 Pakem Kaliurang Yogyakarta selama dua hari, Rabu, Kamis (11 dan 12/7/2018) dan diikuti oleh Ketua PPK dan anggota PPK divisi pemutakhiran data se-Kabupaten Magetan.

Abdul Salam selaku anggota Komisioner KPU Magetan saat di klarifikasi mengatakan, Detailnya ke Pak Ketua mas, Itu agenda evaluasi serta bimtek untuk pileg dan pilpres, Bimtek Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP), sekali lagi tanya Pak Ketua karena itu domain sekretaris ini saya bimtek di Surabaya.

Sedangkan Ketua KPU Magetan Hendrad Subiyakto saat di hubungi via handphone tidak diangkat dan via Whatsapp juga tidak dibalas terkait rencana hari Rabu dan Kamis tanggal 11 dan 12 Juli 2018 agenda evaluasi serta bintek di Hotel Griya Persada Yogyakarta.

Sedangkan Sekretariatan KPU Magetan melalui Nanik Karsini membenarkan agenda evaluasi dan bintek dilakukan di Yogyakarta besuk hari Rabu dan Kamis Tanggal 11 dan 12 Juli 2018.

“Ini merupakan keputusan bersama bersama bahwa agenta evaluasi dan bintek akan diadakan di Yogyakarta kalau lebih jelasnya bisa tanyakan langsung ke Ketua KPU kami hanya melaksakan saja apa yang sudah diputuskan,”terang Nanik kepada Beritatrends, Senin (10/7/2018)

Lanjutnya, rencana yang akan berangkat pada agenda evaluasi dan dan bintek sebayak 125 orang terdiri dari Ketua PPK dan Anggota PPK beserta KPU dan Sekretariat KPU.

Sedangkan Nanik Karsini ditanya terkait biaya yang akan dikeluarkan KPU Magetan untuk agenda evaluasi dan Bintek di Yogyakarta tidak lebih dari 50 juta.

Namun ditempat yang berbeda Wahyudi Budiono Aktifis yang satu ini sangat menyanyangkan apa yang dilakukan KPU Magetan terkait agenda Evaluasi dan Bintek tersebut.

“Terus terang saya sebagai aktifis sangat kecewa kenapa agenda evaluasi dan Bintek dilakukan di Yokyakarta, padahak kita punya Sarangan,”ucap Wahyudi, kepada Beritatrends, Senin (10/7/2018)

Terus kalau dengan anggraran yang katanya Sekretariat KPU hanya 50 juta kalau menurut saya itu sangat mustahil dan tidak masuk akal dan itu bohong menurut kami.

“Kalau dihitung secara riel dari angkutannya saja sudah 2 bis harganya berapa, terus hotelnya harus berapa kamar dan makan minimal dari pagi hingga malam per orang tidak kurang dari antara Rp. 30.000,- sampai dengan Rp. 35.000,- belum lagi pas acara bintek pasti ada coffe breaknya tentunya pakai snack, ini saya katakan karena saya sering mengadakan hal seperti acara tersebut di Magetan,”katanya.

Padahal saat sekarang di Kabupaten itu untuk hal yang semacam tersebut sudah mulai di tiadakan karena rapat hampir rata-rata di kantor dinas setempat.

“Hal ini tidak bisa dibiarkan kami mohon kepada KPU Magetan, seharusnya rapat tersebut bisa diloakukan di Magetan kalau toh terpaksa dilakukan di Hotel Sarangan kan bisa, kemungkinan bisa lebih ngirit pembiayaannya,”pungkas Wahyudi. (Gal)

.

 

 

 

News Feed