oleh

KPUD Lebak Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Pilkada

Rapat Pleno Terbuka KPUD Lebak Di Hutel Mutiara Rangkasbitung

Beritatrends.com, Lebak – Setelah dilaksankannya pemungutan suara Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Lebak Banten Tahun 2018, Rabu (27/6) yang lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak Banten  melaksanakan Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara yang dilaksanakan di Hotel Mutiara Rangkasbitung dimulai pukul 09.00 WIB hingga 14.40 WIB.

Ketua KPU Kabupaten Lebak, Ahmad Saparudin dalam sambutannya membuka pleno mengatakan, hari ini Kamis (5/7/2018) adalah agenda rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara pemilu Bupati dan Wakil Bupati Magetan Tahun 2018, bertempat di Hotel Mutiara Rangkasbitung, kami mengundang, anggota KPU Banten, Panwaslu Kabupaten Lebak dan Kecamatan,  unsur MUSPIDA, SKPD Se-Kabupaten Lebak, anggota DPRD Kabupaten Lebak, Camat se-Kabupaten Lebak, perwakilan PPK Se-Kabupaten Lebak, serta saksi-saksi dari pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lebak Tahun 2018.

Lanjut Ketua KPUD Lebak Ahmad Saparudin, mengesahkan hasil suara Pilbup Lebak Tahun 2018 Berita Acara (BA) dan ditandatangani pada Rapat Pleno Terbuka dengan kegiatan Rekapitulasi.

“Penetapan dan pengumuman hasil penghitungan suara tingkat Kabupaten Lebak Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lebak tahun 2018, bahwa penetapan dimaksud masih menunggu bila ada gugatan dari pihak-pihak terkait dalam kurun Waktu 3 x 24 jam, baru  ditetapkan secara formal,”ucap Saprudin.

Pilbup ini ada kenaikan prosentase partisipasi Pemilih, ketika Pilgub 2017 yang lalu hanya dibawah 60 persen, sementara pada Pilbup Lebak tahun 2018 ini ada peningkatan partisipasi  5 persen lebih yaitu sebesar 65,46 persen.

“Bila didapat rumus Jumlah pemilih/jumlah suara syah tambah jumlah suara tidak syah x 100  itulah prosentase yang didapat,”ucapnya.

Suara syah sebanyak 589.817 suara sementara suara tidak syah sebanyak 18.721 suara, Jumlah keseluruhan 608.538 suara, sementara jumlah Pemilih tetap pada Pilbup Lebak sebanyak 929.567 Pemilih.

Di sela-sela Pleno Ketua Panwaslu Lebak Ade Juhroni menjelaskan bahwa secara keseluruhan dalam penyelenggaraan Pilbup Lebak tahun 2018 ini sesuai dengan mekanisme yang ada walau Panwaslu memberi beberapa catatan.

“Panwaslu mengucapkan terimakasih kepada semua stakeholders yang terlibat dalam penyelenggaraan tersebut karena sudah memenuhi aturan main yang ada sehingga bisa berjalan Lancar, adapaun catatan yang kedua agar dalam penyelenggaraan Pileg tercapai sesuai harapan,”pungkas Ade. (FR)

 

 

News Feed