oleh

HKP Magetan 2018 : Penyerahan Piagam Juara Lomba Prestasi Dibidang Pertanian

Bupati Magetan Kunjungi Stand HKP Magetan 2018, Kamis (5/7/2018).

Beritatrends.com, Magetan – Resepsi Hari Krida Pertanian (HKP) yang ke 48 Tahun 2018 untuk Kabupaten Magetan dipusatkan dilapangan Kelurahan Bendo Kecamatan Bendo, dengan Tema ”Bekerja Terus Untuk Mensejahterakan Petani” diikuti sekitar 1200 orang.

Dalam acara tersebut dihadiri Bupati Magetan DR. Drs. H. Sumantri, MM, Wakil Bupati Magetan, Dr. Drs. Samsi, ST, Sekda Kabupaten Magetan Dr. Drs. H. Bambang Triyanto, MSi., Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan Drh. Kustina M.Si, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) Kabupaten Magetan Ir. Eddy Suseno, Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Magetan Suratman, Kabid Kewaspadaan Bakesbangpolias Kabupaten Magetan Hendrik Yuprianto, SE, Forkopimca Bendo diantaranya Camat Bendo Drs. Kun Ihwan Hidayat, MSi, Danramil 0804/13 Bendo Kapten Inf Efendi Santoso, Kapolsek Bendo AKP Iin Pelangi, SS. dan Perwakilan Gapoktan seluruh Kabupaten Magetan.

Sebelum acara dimulai Kepala Dinas TPHPKP Eddy Suseno dan Bupati Magetan Sumantri beserta rombongan melaksanakan panen padi bersama warga di Desa Carikan, Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan.

Setelah selesai panen padi, dilanjutkan secara simbolis perjalanan ketempat panen tebu yang kebetulan tidak jauh dari lokasi panen padi tersebut, melaksanakan panen Tebu secara simbolis dengan para petani tebu di Desa Carikan, Kecamatan Bendo kabupaten Magetan.

Dikantor BPP, Sumantri beserta rombongan serta Forkopimca Bendo melaksanakan panen sayur dan peninjauan stand potensi pertanian Kabupaten Magetan.

Kepala Dinas TPHPKP Eddy mengatakan, hakekat HKP adalah sebagai momentum untuk mensyukuri nikmat Alloh SWT.

“Kita patut bersyurkur produksi pertanian Tahun 2018 meningkat, hama berkurang dan harga jual hasil pertanian yang tinggi. HKP juga sebagai penghargaan atas jasa bagi insan pelaku pemrakarsa pertanian yang telah dapat memajukan pertanian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat”.

Lanjut Edi, Dalam kesempatan ini saya berpesan untuk petani, peternak tingkatkan terus produksi pangan telur dan daging untuk menyokong swasembada pangan nasional, Teruslah menjadi petani dan peternak sebagai penyedia pangan bagi masyarakat banyak.

“Kabupaten Magetan merupakan Kabupaten agraris yang memiliki potensi sumberdaya pertanian yang berlimpah untuk memproduksi kebutuhan bahan pangan pokok. Potensi yang besar tersebut adalah modal besar guna peningkatan produksi komoditas strategis terutama padi, Jagung, kedelai, cabai, bawang merah, daging, gula, buah-buahan dan juga komoditas perkebunan dan peternakan lainnya,”ucap Eddy.

Bupati Magetan, Sumantri dalam dalam sambutanya mengatakan, sesuai dengan tema HKP ”Bekerja Terus Untuk Mensejahterakan Petani” artinya dengan semangat HKP Kita Tingkatkan Produksi Pangan dan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Lokal Menuju Kemandirian dan Kedaulatan Pangan.

HKP kali ini mengandung makna bahwa sebagai bangsa yang bermartabat, Magetan harus mampu mandiri di bidang pangan. Kekuatan potensi sumberdaya pertanian harus mampu dikembangkan untuk mencapai kedaulatan pangan.

“HKP adalah momentum untuk mensyukuri nikmat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Pemberi, atas semua rahmat dan karuniaNya yang dilimpahkan pada rakyat selama ini. Dengan harapan semoga pada tahun-tahun mendatang, usaha pertanian kita senantiasa mendapatkan limpahan rahmat dan karuniaNya yang lebih besar, yaitu terwujudnya Kedaulatan Pangan dan kesejahteraan petani,” jelas Sumantri.
HKP juga menjadi wujud apresiasi dan penghargaan kepada para petani, peternak dan pekebun, serta seluruh pelaku pertanian, yang telah bekerja keras menyediakan pangan bagi seluruh rakyat dan menghasilkan berbagai komoditas produk pertanian.

Selain itu, hal ini juga dimaknai sebagai momentum untuk mawas diri semua insan pertanian untuk introspeksi terhadap semua kekurangan dan kesalahan, serta mengupayakan perbaikan dan peningkatan di masa mendatang.

Bupati Magetan mengajak seluruh komponen pelaku pertanian agar berupaya sekuat tenaga bekerja keras meningkatkan produksi pangan pokok untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional.

“Kebijakan kedaulatan pangan tersebut telah dicanangkan dalam amanat UU No. 18/2012 tentang Pangan, dengan memberikan kepastian bahwa Kedaulatan Pangan merupakan hak negara dan bangsa dalam menentukan kebijakan pangan secara mandiri menjamin hak atas pangan bagi rakyat dan memberikan hak bagi masyarakat untuk menentukan sistem pangan yang sesuai dengan potensi sumber daya lokal,”pungkas Sumantri.

Daftar penerima penghargaan dan Klaim secara simbolis dalam lomba bidang pertanian yaitu Petani (Harun Rosyid) Kecamatan Bendo, penyuluh pertanian PNS (Arieza Novita, SP) Kecamatan Sidorejo, THI TB Penyuluh Pertanian (Sri Rejeki, SP) Kecamatan Kawedanan, Penyuluh Pertanian Swadaya (Sujud) Kecamatan Sidorejo, Kelompok Tani Berprestasi (Poktan Kopen) Desa Ngongang, Kecamatan Poncol, Gapoktan Berprestasi (Gapoktan Maju Mandiri) Desa Krajan, Kecamatan Parang, Balai Penyuhan Pertanian (BPP Bendo), Kecamatan Bendo, Mantri Tani (Yitno) Kecamatan Lembeyan, PPOPT (Bambang Hari Purnomo) Kecamatan Lembeyan, Dan ADHIKARYA Pangan Nusantara, Pelopor ketahanan pangan (Samsuri, Kecamatan Parang), Pelaku pembangunan pangan (Poktan Sidomukti, Desa Sidorejo, Kecamatan Sidorejo), Pelayanan ketahanan pangan (Partini, Sp, Kecamatan Parang), Petugas Ensiminator kelahiran pedet terbanyak, Enseminator Swadaya (Priyanto, Kecamatan parang) dan Enseminator PNS (Wahyudi Eko Siswono, Kecamatan Barat), Adapun penerima penghargaan lomba cipta menu non beras Tim Pengerak PKK, Kecamatan Takeran.(Gal)

News Feed