oleh

Pelepasan Purna Tugas Di Lingkungan Dikpora Magetan

 

Beritatrends.com, Magetan – Masih dalam suasana lebaran ini Keluarga besar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magetan mengadakan acara Halal Bi Halal Dan Purna bakti bagi Pegawai dan Organinasi yang berhubungan dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Rabu (4/7/2018).

Kegiatan tersebut bertempat di Aula Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magetan Jalan Karya Dharma dihadiri sekitar 200 perwakilan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, mulai dari yang membidangi PAUD,SD,SMP, selain itu hadir juga Bupati Magetan, Wakil Bupati, Sekda serta OPD Kabupaten Magetan beserta undangan lainnya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Magetan Joko Santoso pada acara  Purna Bakti dan halal bi halal mengatakan, kegiatan ini dikemas secara sederhana namun tanpa mengurangi makna dari lebaran itu sendiri.

“Acara halal bihalal ini memang kita kemas secara sederhana dengan dua acara di jadikan satu namun tetap meriah maka dari itu kita persiapkan hiburan Elekton untuk memeriahkannya,”ucap Joko Kepada awak Beritatrends.com, Rabu (4/7/2018).

Acara tersebut dengan penyampaian tali asih secara simbolis yang di wakili oleh Drs. Sugito MM Purna Kepala Eks UPTD Pendidikan TK, SD, SMP, SDLB dan PNFI Kecamatan Magetan, Toyeb Tantiono, Spd, Mpd Purna Pengawas TK, SD Kecamatan Magetan, Endang Waskitorini, Spd Pruna Kepala SD 1 Gonggang Kecamatn Poncol dan Hariyanto, Spd Mpd Purna Kepala SMPN 4 Magetan.

Sementara itu Bupati Magetan Sumanti mengingatkan kepada yang hadir agar memanfaatkan momen seperti ini untuk saling memaafkan sesama. “Marilah kita gunakan momen ini untuk saling memaafkan dan menjalin kekeluargaan sesama yang berada di Dinas Pendididikan Pemuda dan Olahraga, meski acara ini berlangsung sangat sederhana namun yang lebih penting adalah hikmah dari acara ini,”tutur Sumantri.

Lebih lanjut Sumantri mengatakan, pelepasan purna bhakti pada hari ini kurang lebih menggambarkan kepada kita semua bahwa waktu itu berjalan dengan begitu cepat. Karena boleh jadi, di antara para purna bhakti pada hari ini adalah rekan-rekan kerja kita yang rasanya baru kemarin kita berada pada satu kantor/Sekolah untuk melangsungkan pengabdian bersama-sama sebagai PNS/Guru. Tetapi, sekarang kita bersilaturahim untuk melepas saudara kita yang pernah menjadi bagian dari kita untuk memasuki masa purna bhakti.

Maka, dalam kaitan ini, saya ingin mengajak semua pegawai di lingkungan Dikpora Kabupaten Magetan, utamanya kepada bapak dan ibu PNS atau guru untuk mengambil hikmah dari silaturahim kita pada hari ini. Salah satunya adalah kesadaran untuk memanfaatkan waktu dengan sebijak mungkin, dalam melaksanakan tugas sagai PNS untuk mendidik dan memberikan pelajaran kepada siswa di sekolah, PNS/Guru dituntut memberikan yang terbaik dengan penuh ketulusan sehingga dapat menciptakan manusia yang berilmu dan berbudi luhur/karakter.

Lakukanlah perubahan-perubahan kecil ke arah yang lebih baik dalam setiap harinya. Jika selama ini, kita sering datang terlambat dalam menjalankan tugas ke sekolah/ke kantor,maka mulai besok dan seterusnya datanglah tepat waktu. Pun dengan semangat untuk senantiasa  memberikan yang terbaik terhadap setiap tugas dan pekerjaan yang dibebankan.

Dengan perubahan-perubahan tersebut, insya Allah pada saat kita memasuki masa purna bhakti nanti, kita akan memiliki perasaan bahagia. Karena kita telah memberikan yang terbaik selama masa pengabdian dan semoga tekad tersebut dapat kita tanamkan mulai hari ini juga.

Lanjut Sumantri, kepada para saudara yang purna bhakti, saya mengimbau agar memperhatikan berbagai saran dan masukan bagaimana mengisi kekosongan waktu selama masa pensiun. Misalnya dianjurkan untuk belajar mencari peluang berwirausaha dan mencari langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mendukung peluang tersebut. Hal lain yang mungkin dilakukan adalah dengan aktif mengajar, memberi ceramah atau materi seminar, dan menulis buku.

Atau juga, dapat melibatkan diri dalam berbagai bentuk kegiatan sosial. Selain itu, dapat memulainya dengan bergabung dan aktif di berbagai organisasi kemasyarakatan berskala tingkat rukun warga, kelurahan, atau pada tingkatan skala yang lebih besar. Insya Allah, dengan demikian, “Saya meyakini akan menjalani masa pensiun dengan penuh perasaan suka cita,” Pungkas Bupati.(Gal)

News Feed