oleh

PPDB Tahun Ajaran 2018-2019 Magetan Dibagi 9 Zona

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di salah satu sekolah Di magetan yang mengunakan Sistem Zonasi, Selasa (3/7/2018).

Beritatrends.com, Magetan – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), tahun ajaran 2018-2019 telah dimulai.

PPBD berlangsung selama 3 hari, yaitu 3Juli – 5Juli dan diumumkan pada hari terakhir.

Sistem zonasi sudah diterapkan di Kabupaten magetan pada tahun ajaran 2017-2018 lalu. yang merupakan kebijakan berdasarkan peraturan Mendikbud Nomor 17 Tahun 2017 tentang PPDB.

zonasi sekolah merupakan salah satu cara untuk melakukan pemerataan pendidikan di kabupaten Magetan.

“Sesuai aturan dinas kita memakai sistem Zona dalam PPDB,” ujar Supangat, Kepala Urusan Kurikulum SMP 1 Lembeyan kepada Beritatrends.com di sela kesibukanya menjadi panitia PPDB, Selasa (3/7/2018).

“Untuk Zona Smp 1 Lembeyan kita meliputi Kecamatan Lembeyan, Kecamatan Parang dan sekitarnya. untuk memenuhi pagu sekolah yaitu 6 Rombel (6×32), Sekitar 192 murid” jelas Pangat.

Seleksi calon peserta didik baru tingkat SMP tidak hanya berdasarkan zonasi tetapi juga menggunakan nilai SKHU sebagai penganti tes.

Pihak sekolah memberikan kemudahan kepada peserta dindik yang ingin mendaftar di SMP 1 Lembeyan, bisa melalui orang tua, guru, maupun muridnya langsung.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora), Joko Santoso mengatakan bahwa sistem zonasi berdampak baik pada pemerataan pendidikan dikabupaten Magetan,” Ada kabar baik dari beberapa sekolah, bahwa yang sebelumnya kekurangan murid, sekarang sudah terpenuhi satu kelas, Sekitar 30 murid,” Kata Joko.

Lanjut Joko,”Dari 19 kecamatan di Magetan di bagi menjadi 9 zona dalam PPDB tahun ini,” Menjelaskan.

zona satu, Kecamatan Magetan Ngariboyo zona dua Penekan Sidorejo, zona 3 Plaosan Poncol, zona empat Parang Lembeyan, zona lima Takeran Nguntoronadi.

Zona enam Kawedandan Bendo, zona tujuh Maospati Sukomoro, zona delapan, Kartoharjo Barat dan zona sembilan Kecamatan Karangrejo dan Karas. (Gal)

News Feed