oleh

Jaga Kerukunan Dan Silaturahmi Warga Desa Bangunrejo Gelar Tradisi Kupatan

warga saat tradisi kupatan

Beritatrends.com, Ponorogo – Untuk mengakhiri Hari Raya Idul Fitri, warga Desa Bangunrejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo menggelar tradisi kupatan, di jalan Desa setempat, Jum’at (22/6).

Kepala Desa Bangunrejo, Edi Suwito saat dikonfirmasi disela-sela acara mengatakan, menandai tujuh hari setelah Hari Raya Idul Fitri seluruh warga masyarakat berkumpul dengan membawa kupatan beserta lauk pauknya, saling bertukeran dan makan bersama dalam tradisi kupatan.

“Kupatan sendiri merupakan salah satu bentuk kebersamaan, menjaga kerukunan, menguatkan silaturahmi antar warga masyarakat Desa Bangunrejo. Jika sebelum diadakan acara ini, warga masyarakat bikin ketupat beserta lauk pauknya saling bertukeran satu dengan yang lain, ini kita gelar secara bersama-sama, ” kata Edi Suwito.

Edi Suwito menambahkan, pihaknya baru kali pertama menggelar tradisi kupatan ini. Melihat antusias dan kebersamaan, kekompakan serta terlebih dapat meningkatkan dan mempererat kerukunan antar warga masyarakat Desa Bangunrejo, rencananya kegiatan tersebut akan dijadikan tradisi tahunan.

“Selain itu, bersama-sama dengan warga masyarakat berupaya melestarikan dan nguri-nguri tradisi kupatan yang merupakan salah satu bentuk kearifan lokal supaya tidak punah. Namun yang paling utama harapannya yaitu tetap terjaganya kerukunan, toleransi dan silaturahmi antar warga masyarakat Desa Bangunrejo, “imbuhnya.(sul)

News Feed