oleh

Festival Balon Udara Upaya Mewadahi Tradisi Masyarakat

puluhan balon udara mengikuti festival

 

Beritatrends.com, Ponorogo – Ratusan warga dengan antusias menyaksikan festival balon udara tanpa awak beraneka ragam dan bentuk serta warna yang menghiasi langit di kawasan lapangan Jepun di Desa Balong, Kecamatan Balong Kamis (21/6) pagi.

Dalam festival yang diikuti sekitar 70 balon udara tanpa awak tersebut, digelar oleh jajaran Polres Ponorogo yang bekerjasama dengan Direktorat Jendral Kementrian Perhubungan Udara, Ansor dan Airnav, untuk mewadahi tradisi warga Ponorogo yang selalu menerbangkan balon udara tanpa awak saat memasuki Idul Fitri.

Kapolres Ponorogo AKBP Radiant saat dikonfirmasi mengatakan, guna untuk mewadahi tradisi warga menerbangkan balon udara tanpa awak yang sangat membahayakan, maka pihaknya menggelar festival ini. Namun dalam festival ini peserta diberi aturan main. Yakni balon udara tidak boleh dilengkapi dengan api dan harus dikasih tali pengendali.

‘’Kalau seperti ini kan enak, balon bisa dikendalikan dan tidak membahayakan orang lain. Selain itu, ukuran balon udara pun juga ditentukan. Yakni ketinggian maksimal tujuh meter, termasuk juga dilarang memasang petasan di balon udara. Sebab kalau menerbangkan balon secara liar itu ada sanksinya. Yakni UU no 1 tahun 2009 ancamannya 3 tahun atau denda 1 milyard rupiah, “kata Kapolres.

Sementara itu, General Manager Airnav cabang Surabaya Mokhammad Khatim menuturkan, sudah ada sekitar 120 laporan yang masuk terkait balon udara tanpa awak ditahun 2018 ini.

“Dan paling banyak balon udara tanpa awak untuk wilayah Jatim dari Ponorogo. Sebab di Ponorogo menerbangkan balon sudah merupakan tradisi masyarakatnya. Untuk itu kami menghimbau kepada masyarakat yang menerbangkan balon udara hendaknya diberi tali untuk menambat. Supaya balon udara tidak terbang bebas yang dapat membahayakan penerbangan, karena jadwal penerbangan di Jatim padat, ” ujarnya.

Lebih lanjut Mokhammad Khotim menyampaikan, banyaknya masyarakat di wilayah pinggiran yang masih menerbangkan balon udara tanpa awak, pihaknya bakal menggelar sosialisasi dan festival balon udara kedepanya pelaksanaanya disejumlah titik di Ponorogo.

“Karena masih banyak masyarakat di wilayah pinggiran yang menerbangkan balon udara tanpa awak secara liar, kami berencana akan menggelar sosialisasi dan pelaksanaan festival balon udara disejumlah titik di Ponorogo, ” imbuhnya.(sul)

News Feed