oleh

Sidak Mamin! Dinkes Magetan Temukan Puluhan Mamin Kadaluarsa

Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan, Saat Lakukan Sidak Makanan dan minuman di pertokoan wilayah Kabupaten Magetan, Rabu (6/6/2018).

Beritatrends.com, Magetan – Mengantisipasi adanya makanan dan minuman (Mamin) kedaluwarsa atau yang tidak layak konsumsi jelang Lebaran, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magetan bersama tim dinas terkait menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) pada pertokoan dan penjual Mamin di wilayah Kabupaten Magetan, Rabu (6/6/2018).

Hasilnya, ada puluhan produk barang ditemukan dari lokasi dengan kondisi bermacam-macam seperti sudah kedaluwarsa, masa izin edar habis, dan kemasan yang sudah rusak.

Kepala bidang Pemberdayaan Sumber Daya Kesehatan (PSDK) Dinas Kesehatan, Heru Widyatmoko mengatakan,”Dari hasil sidak ini, kita menyita cukup banyak produk yang tidak layak dijual dipasaran,” pihaknya akan terus menghimbau kepada para pemilik toko dan penjual untuk tidak menjual dan memajang makanan yang telah kadaluarsa. Apabila tetap dipajang maka Dinas Kesehatan akan menyita produk tersebut.

“Kami sudah melihat beberapa produk yang ada di pertokoan maupun penjual, ternyata ada yang sudah kedaluwarsa, kemudian ada yang tidak mempunyai izin edar, izin edar mati, maupun yang kemasannya rusak,” terangnya.

Heru Widyatmoko menambahkan, Razia ini bertujuan untuk menekan peredaran produk Mamin kadaluarsa di kabupaten Magetan.

Disinggung soal sanksi, Heru menyatakan tak akan gegabah melakukannya. Menurut ia, sidak ini sifatnya pembinaan. “Tapi kalau diperingatkan tetap saja tak diindahkan maka penjual akan kita beri sanksi,” tandasnya.

Ia juga menegaskan, barang sitaan tersebut nantinya akan dibuatkan berita acaranya dan dimusnahkan karena makanan tersebut rusak. (Gal)

News Feed