oleh

Kadin Dikpora Magetan : Tak Akan Pernah Ada Rekomendasi Untuk PPDB

Joko Santoso Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magetan.

Beritatrends.com, Magetan – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kabupaten Magetan 2018/2019.

“Selamat datang di situs Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kabupaten periode 2018. Situs ini dipersiapkan sebagai pusat informasi, pendaftaran dan pengolahan seleksi data peserta didik baru periode 2018 yang dilakukan secara online”

Informasi lengkap seputar pelaksanaan PPDB akan selalu diperbaharui pada situs tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Magetan, Joko Santoso mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmad dan hidayahnya, sehingga Dikpora Kabupaten Magetan kembali diberi kesempatan melayani Calon Peserta Didik Baru melalui Program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2018/2019.

Seiring berkembangnya pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, dan upaya memudahkan calon peserta didik baru melakukan pendaftaran ke jenjang yang lebih tinggi, sejak tahun 2007 Dikpora Kabupaten Magetan mengembangkan Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (SIM PPDB) atau yang disebut PPDB online.

Tujuan penerapan PPDB online ini agar tercipta penerimaan peserta didik baru yang akuntable, transparan, obyektif, dan tidak diskriminatif pada satuan pendidikan sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Sistem pengelolaan PPDB online tahun 2018 oleh Dinas Dikpora Kabupaten Magetan untuk jenjang satuan pendidikan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) sedangkan Sekolah Dasar Negeri (SDN) pendaftaran calon peserta didik baru dilakukan secara semi online melalui masing-masing sekolah dengan melakukan beberapa penyesuaian antara lain:

1. Bagi calon peserta didik yang bertempat tinggal di kelurahan yang belum memiliki SDN di wilayahnya, dapat mendaftar pada SDN di kelurahan terdekat sesuai ketentuan dengan nilai skor 5,5.
2. Penerimaan peserta didik baru Jalur Khusus Prestasi Olahraga, Akademis dan Non Akademis dilakukan secara Online. Hal ini memudahkan calon peserta didik untuk mendaftarkan diri dimanapun dengan memanfaatkan fasilitas internet baik melalui PC komputer atau gadget.

Persaingan untuk memperebutkan bangku sekolah negeri yang sangat kompetitif ini memberi tantangan tersendiri bagi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magetan untuk terus menyempurnakan sistem PPDB yang transparan, adil-tidak diskriminatif, akuntabel, dan efesien.

Dengan sistem ini, diharapkan masyarakat dapat memantau perkembangan penerimaan peserta didik baru selama 24 jam, sehingga benar-benar calon siswa baru yang terbaik dan berhaklah yang dapat diterima di sekolah negeri.

Sistem PPDB ini terus dilakukan penyempurnaan, untuk itu masukan yang konstruktif dari insan teknologi informasi, pemerhati pendidikan, dan semua elemen masyarakat sangat diharapkan untuk perbaikan dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat, khususnya calon siswa baru generasi penerus bangsa.

Bagi calon peserta didik baru yang belum beruntung bisa diterima belajar di SDN/ SMPN jangan berkecil hati, karena Pemerintah Kabupaten Magetan berkomitmen untuk memberikan perhatian yang sama antara sekolah negeri dengan sekolah swasta.

Kepala Dikpora Kabupaten Magetan, Joko Santoso mengatakan, banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu baik langsung maupun tidak langsung sehingga PPDB online bisa terwujud, serta permohonan maafnya bila masih terdapat pelayanan yang kurang memuaskan.

“Untuk PPDB saya selaku Kepala Dinas tidak akan dan tidak pernah memberi rekom terhadap pihak manapun, karena semua kebijakan sudah diserahkan langsung kepihak Sekolah masing-masing,”pungkas Joko. (Gal)

News Feed