oleh

KPU Magetan Mulai Lipat Kertas Suara, Upah Pelipat Surat Suara Rp 100 Per Lembar

Aktivitas Pelipatan Surat Suara di KPU Magetan, Jum’at (25/5/2018).

Beritatrends.com, Magetan- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magetan mulai melipat surat suara untuk pemilihan gubernur (pilgub), Jum’at (25/5/2018).

Pelipatan surat suara tersebut, ditargetkan rampung dalam waktu tiga hari.

“Target rampung 3 hari, dilanjutkan surat suara Pilbub yang akan datang hari Minggu,” kata Komisioner KPU Kabupaten Magetan Divisi Keuangan dan Logistik Poppy MS Putranto, S.Sos di Kantor KPU Kabupaten Magetan, Jum’at (25/5/2018).

“Melibatkan 69 tenaga pelipat, dengan di bayar upah¬† Rp.100 Per Lembar,” jelas Poppy.

Selain melipat, pihaknya juga menyortir surat suara. Jika didapati surat suara yang tidak sesuai dengan standar, maka segera dikembalikan ke KPU Provinsi untuk diganti.

“Misalnya, surat suara yang warnanya tidak jelas, sobek, berlubang maupun ada bercak tinta,” ujar Poppy.

Surat-surat suara yang telah disortir dan dilipat akan dibendel dan disimpan. Sebelum surat suara di distribusi ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Jadi selama disimpan, akan ada pengamanan dari Polri selama 24 jam,” tutup dia.

Suparmi(45), salah seorang warga kecamatan Plaosan, turut ikut serta dalam pelipatan surat suara, ia berminat melakukan pekerjaan itu dikarena untuk mengisi waktu luang dan juga uang hasil yang diperolehnya dapat digunakan untuk kebutuhan lebaran.

“Ya lumayan ngisi waktu kosong aja, dari pada di rumah enggak ada kegiatan. Walaupun kecil kan lumayan hasilnya kalau saya bisa lipat banyak surat suara. Ya lumayan buat nambah beli keperluan lebaran nanti,”paparnya. (Gal)

News Feed