oleh

Kebut Perbaikan Jalur Mudik

Perbaikan jalan Lembeyan menuju Ponorogo antisipasi menghadapi jalur mudik

Beritatrends.com, Magetan – Ir. Hergunadi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Magetan mengatakan, kesiapan arus mudik Lebaran 2018 lebih baik dibanding tahun lalu. Proyek infrastruktur baik ruas jalan Kabupaten dan provinsi maupun perbaikan jalan nasional telah rampung untuk dimanfaatkan.

“Kondisi jalan untuk mudik Lebaran 2018 ini lebih mantap dari tahun sebelumnya, sudah ada jalan darurat juga,” kata Hergunadi, Kamis (17/5/2018).

Kepala PUPR Magetan memastikan kondisi jalan di jalur Nasional Ngawi Maospati Madiun telah memenuhi standar kenyamanan dan keselamatan. Jalan telah diperbaiki.

Hal serupa juga dilakukan di jalur Kabupaten Genengan Takeran, Genengan Lembeyan, Genengan Ngariboyo, Jalur Parang Lembeyan, Glodok Karas hingga tebus Ngawi, Barat hinga tembus Madiun dan bayak jalan yang sudah diperbaiki walaupun secara bertahap, Hergunadi bahkan telah melakukan pengecekan langsung agar pemudik bisa memanfaatkan dengan baik. “Di Krowe, Lembeyan, Takeran, Plaosan, Jalan tembus, Poncol Parang, Karas Karangmojo  sudah bagus, semua sudah dilebarkan,”paparnya.

Terkait kesiapan untuk memperbaiki jalanan yang berlubang kita siapkam tim URC yang setiap saat akan membenahi jalan yang berlubang guna kenyamanan dan kesalamatan penggunajalan yang menggunakan kendaraan bermotor.

Dinas PUPR juga telah menyiapkan berbagai skenario untuk menjaga kelancaran arus mudik. Jalur mudik yang diperkirakan mengalami potensi padat bakal disediakan sarana kebutuhan para pemudik seperti mobile toilet dan area peristirahatan. “Sehingga, pemudik bermotor bisa tetap berada di jalur arteri, tidak mesti masuk ke jalur alternatif,” ungkapnya.

Hergunadi menyebut, dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018, anggaran perbaikan infrastruktur masih kurang namun kami tetap akan melakukan yang terbaik. Anggaran tersebut tak hanya untuk perbaikan jalan, namun dialokasikan juga untuk membangun jembatan, gedung sekolah, dan gedung pemerintahan lainnya. “Ruas jalan yang perlu diperbaiki sangat banyak. Oleh karenanya, PUPR akan melakukan perbaikan jalan berdasarkan skala prioritas,” ungkapnya. (Gal)

 

News Feed