oleh

Tinjauan Pasar Kerkait Ketersediaan Bahan Pokok Menjelang Bulan Suci Ramadhan

 Salah Satu Pedagang daging di Pasar Sayur Mujianto menjelaskan kesiapannya untuk melayani masyarakat Magetan untuk berbelanja dengan kesedian stock  daging dengan harga sesuai pasaran, Selasa (15/5/2018)

Beritatrends.com, Magetan – Bupati Magetan dan jajaran Forkopimda akan mengadakan peninjauan pasar terkait ketersediaan bahan pokok menjelang bulan suci Ramadhan. Peninjauan akan terbagi 2 (dua ) tim : Tim 1 langsung dipimpin oleh Bupati Magetan, adapaun lokasi peninjauan, Pasar Sayur dan Pasar Plaosan dan Tim 2 dipimpin Wabup dengan lokasi Pasar Gorang Gareng dan Pasara Barat.

Tim 1 awal sidak dimulai dari pasar tradisiona Pasar Sayur, sekitar pukul 08.00, WIB, dipimpin Bupati Magetan Dr. Drs Sumantri, MM di damping Sekretaris Daerah (Sekda) Dr. Drs Bambang Trianto, MM, Kepala Satpol PP, Kepala DTPHPKP, Perwakilan dari Kodim, dan Dinas terkait lainnya.

Tim terpadu Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Magetan tergabung dalam satuan tugas pangan (satgas pangan) menggelar sidak pasar, pantau harga serta ketersediaan bahan pangan, dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan dan hari raya idul fitri 2018.

Bupati Magetan Sumantri, mennyampaikan dalam menghadapi bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah, tim terpadu Satgas Pangan Pemkab akan melaksanakan sidak ke seluruh pasar di Magetan.

Tujuan sidak di Pasar Sayur untuk mengetahui harga terkendali dan ketersediaan bahan pangan, sekaligus memantau kelayakan konsumsi bahan makanan. Dari hasil sidak belum ditemukan bahan makanan dalam kemasan kadaluarsa dan apa bila nanti didapati dari sidak yang akan datang  oleh anggota satgas pangan akan kami sita serta petasan dilarang beredar.

Selain itu, tim satgas pangan, juga akan berkoordinasi dengan pemasok bahan pangan, yakni sembako, berkoordinasi dengan agen, bulog dan pihak pertamina. Tujuannya supaya harga dapat terkendali dan tidak terjadi kelangkaan barang seperti gas lazim terjadi jelang Idul Fitri.

“Kita akan berkoordinasi dengan para agen ataupun toko-toko besar untuk memastikan tidak ada penumpukan stok barang dengan tujuan menaikkan harga, begitu juga dengan agen distributor gas elpiji kita akan pantau,” ujarnya.

Kapolres AKBP Muslimin SIK, juga menyampaikan, peran Polres Magetan dalam kegiatan sidak adalah sebagai tim terpadu satgas pangan.

Adapun poin serta fokus tim satgas pangan untuk mensurvey stabilitas harga pangan terutama sembilan bahan pokok (sembako) dan ketersedian bahan pangan itu sendiri dalam menghadapi bulan suci Ramadan dan Idul Fitri.

Selain itu juga memantau peredaran bahan petasan mempunyai daya ledak dapat mengganggu kekhusyuan umat sedang menjalankan ibadah puasa. Kegiatan ini akan berkesinambungan, tidak hanya saat ini saja, tim akan terus memantau, terkait harga pangan.

Kemudian satgas juga akan memantau ketersediaan bahan pangan sehingga masyarakat Magetan tidak resah dalam menghadapi bulan suci ramadhan dan hari raya idul fitri kedepan,”tata Muslimin. (Gal/Rif)

News Feed