oleh

Wayang Kulit Meriyahkan Sedekah Bumi Desa Tulangan

Tari remo rebagai pembukaan pagelaran wayang kulit du desa kepatihan, kecamatan tulangan, kabupaten Sidoarjo, Sabtu (12/5/2018).

Berotatrends.com, Sidoarjo – Berot acara sedekah bumi telah di meriahkan dengan hiburan ,pagelaran wayang kulit membuat ratusan pasang mata penonton yang memadati halaman pendopo balai desa Tulangan Kecamatan Tulangan kabupaten Sidoarjo, tak berkedip sama sekali. Dan Terpukau oleh gerakan lugas khas tari remo.
Pada Malam itu, Saptu pkl 20.00.wib (12/05/2018) masyarakat desa Tulangan, telah dihibur pagelaran kesenian wayang kulit dan tarian ngeremo dalam rangka acara ruwatan desa yang rutin telah diselenggarakan oleh jajaran pemerintah desa Tulangan pada waktu bulan Ruwah tiba.memang ini Sebuah tradisi yang berusaha dilestarikan oleh hampir sebagian besar desa desa di kabupaten Sidoarjo.

Kades ISWANTO,SH,Telah menyampaikan dalam Kegiatan semacam ini akan tetap kami lestarikan. Mengingat hal tersebut merupakan warisan tradisi yang mengandung nilai nilai luhur dari para leluhur khususnya leluhur atau para pahlawan juga sesepuh desa yang berada desa Tulangan ini. Sekaligus juga sebagai pengingat bahwa sebagai bangsa kita memiliki tradisi budaya yang tak kalah dengan budaya dari luar. Ke depan, saya berharap tradisi ruwat desa atau sedekah bumi ini tetap kami lestarikan hingga ke generasi berikutnya,” ucap ISWANTO.SH, Kades Tulangan kecamatan Tulangan kabupaten sidoarjo.

Pada kegiatan Pagelaran Wayang kulit Ki Dalang MUSKATAB DARI Mojoagung Kabupaten Jombang, Dengan Lakon LAHIRE INDRAJID Dan Telah dihadiri pula segenap pejabat Forkopimka/Muspika Kecamatan Tulangan yakni, Camat Tulangan ,Abdul Wahib,MM ,Kapolsek Tulangan,Akp Nadzir Syah Basri,SH dan Kapten Inf Parlan Danramil Tulangan serta sejumlah Kepala Desa se Kecamatan Tulangan begitu ungkapan dari kades ISWANTO,SH.

DANRAMIL 0816/05 Wilayah Tulangan juga menyampaikan terkait kegiatan Ruwah desa Tulangan ini juga di hadiri dan Bhabinkamtibmas Bhabisa Serda Sukandar Bersama, Kepala Desa ISWANTO, SH. Sakdes ,Toga,Tomas,BPD,para ketua RT dan RW,kartar.dan alhamdulillah dalam acara dari awal hinga berakirnya acara ruwah Desa Tulangan ini kondisi lancar,aman, terkendali dan warga supaya selamat aman dan juga mudah serta murah rizki begitu ujar Danramil Kapten lnf Parlan.(Zeey//Lis)

News Feed