oleh

WASBANG MAHASISWA UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SIDOARJO

Wawasan Kebangsaan pada mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo oleh Koramil 0816/01 

Beritatrends.com, Sidoarjo – Guna menanamkan jiwa Patriotisme dan Nasionalisme ditengah kalangan kampus, Koramil 0816/01 Kota melalui Danramil memberikan Wawasan Kebangsaan pada mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo yang berlokasi di Kel. Sidoklumpuk Kecamatan Sidoarjo, Kamis(10/5).

Acara yang diselenggarakan di aula kampus setempat ini diikuti oleh seluruh mahasiswa di kampus sekolah setempat.

Danramil 0816/01 Sidoarjo Kapten Inf Hendro M S. H menyampaikan, bahwa “Pancasila sangat memenuhi syarat sebagai pilar bagi bangsa Indonesia yang mendasar”.

Selain itu, dikatakan oleh Danramil jika Pancasila mampu mengakomodasi keanekaragaman yang terdapat dalam kehidupan bangsa Indonesia.

“Dialinea ketiga UUD 1945 disebutkan bahwa pernyataan kemerdekaan bangsa Indonesia atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa, yang bermakna bahwa kemerdekaan yang dinyatakan oleh bangsa Indonesia itu semata-mata karena mendapat rahmat dan ridho dari Tuhan Yang Maha Esa,” kata Danramil.

Masih kata Danramil, diera modernisasi saat ini banyak masyarakat yang mengalami degradasi moral yang mayoritasnya adalah kaum generasi muda. Hal ini karena Pancasila sebagai pandangan dan falsafah hidup bangsa dan masyarakat Indonesia sudah mulai dilupakan oleh banyak kalangan.

“Perkembangan teknologi yang begitu pesat tidak diimbangi dengan pola berpikir secara bijaksana sehingga mengakibatkan ¬†lunturnya sendi-sendi berkehidupan berbangsa dan bernegara,” imbuh Danramil.

“Pemuda merupakan salah satu penentu kemajuan suatu bangsa dan negara, karena dari pemuda lah lahir calon pemimpin dimasa yang akan datang, jika generasi muda pada saat ini pandai untuk mengeluarkan atau mengelola potensi-potensi yang ada dalam diri mereka masing-masing serta menjaga sumber daya alam dan kekayaan alam yang kita miliki saat ini, pasti Indonesia akan menjadi bangsa yang maju dan sejahtera,” tukasnya.

Sementara Dr. H. Fatkul Anam, M.Si, rektor Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo mengatakan “jika wawasan kebangsaan ini sendiri merupakan hasil kerjasama pihak kampus dengan Koramil 0816/01 Sidoarjo dengan maksud dan tujuan memberikan pembekalan dan pencerahan bagi Oriantasi Mahasiswa.

“Hal ini semata-mata agar generasi muda utamanya mahasiswa tidak mudah terprovokasi dengan issue-issue yang saat ini sering beredar melalui dunia maya dan belum tentu benar adanya,” ungkapnya. ( Zeey/arf).

News Feed