oleh

Harapan Sumantri Saat Pembukaan Gebyar Hardiknas 2018 Magetan

Bupati Magetan Sumantri di dampingi Kapolres Magetan AKBP Muslimin, SIK saat mendongeng Telaga Sarangan untuk anak-anak Paud Se-Kabupaten Magetan, Kamis (10/5/2018)

Beritatrends.com, Magetan – Bupati Magetan Dr. Drs. H. Sumantri, MM menyebutkan, semangat membaca masyarakat Magetan cenderung menurun. Hal itu disebabkan oleh kesibukan masing-masing.

Hal itu dikatakan Sumantri usai melaunching Hardiknas 2018 termasuk dalam rangkainya Gerakan Nasional Baca Buku (Gernas Baku) dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018 tingkat Kabupaten Cagetan pada Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Magetan GOR Ki Mageti, Kamis (10/5/2018).

Lewat Gernas Baku, Sumantri berharap minat membaca masyarakat, khususnya anak usia dini bisa kembali meningkat. “Lewat gerakan ini harus bisa ditingkat lagi minat baca masyarakat hingga mengajak anak-anak gemar membaca sejak dini sebagai bagian dari pendidikan karakter anak penerus bangsa,” kata Sumantri.

Dirinya menyatakan, pendidikan anak usia dini menjadi pondasi pendidikan kepada anak. Membiasakan anak membaca buku sejak dini dapat menumbuhkan minat bacanya.

“Seperti orangtua mendongeng sambil baca buku, hal seperti itu harus lebih digalakkan lagi agar anak-anak gemar baca buku,”ujarnya.

Bupati Magetan di dampingi Kapolres saat membuka Gebyar Hardiknas 2018 Magetan

Bupati Magetan Sumantri pada pembukaan acara Gebyar Hardiknas 2018 di Gor Ki Mageti setelah me Louncing sempat mendongkan sebuah cerita Telaga Sarangan, ini guna untuk memberi contoh kepada orang tua di rumah, dengan maksud bukan saja guru yang mengajarkan membaca namun orang tua harus mengajari walau hanya lewat membacakan sebuah dongen, karena tugas guru hanya sampai jam belajar mengajar dan sisa waktu itu merupakan tanggung jawab orang tua yang berada di rumah.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magetan Joko Santoso mengatakan, Gernas Baku diluncurkan bertepatan dengan Hardiknas pada 2 Mei 2018. Sedangkan, pelaksanaan secara serentak pada 10 – 12 Mei 2018 di seluruh lembaga Paud se – Magetan.

“Gernas Baku merupakan gerakan untuk mendukung peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak,”ujarnya.

Menurut Joko, digaungkannya orangtua membacakan buku perlu dilakukan agar nantinya menjadi kebiasaan hingga membudaya seperti di negara maju. “Saat ini, memang masyarakat cenderung malas membaca buku dan dapat menjadi masalah jika dibiarkan,”pungkasnya. (Gal)

 

News Feed