oleh

Anak Paud Se-Kabupaten Magetan Lomba Melukis di Caping dalam Hardiknas 2018

salah satu anak Paud lagi menunjukkan hasil karyanya kepada temannya, dia bilang saya pasti dapat juara, Kamis (10/5/2018)

Beritatrends.com, Magetan – Sekitar 2500 murid dari tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD), taman kanak – kanak, turut memeriahkan Hari Pendidikan Nasonal, Kabupaten Magetan dengan lomba melukis di GOR Ki Mageti, (10/5/2018).

Lomba tersebut, yakni lomba melukis dengan jumlah peserta sekitar 2500 murid PAUD dan TK, caping alat lukis dan souvenir disiapkan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dengan Tema Festival Seni dan Potensi Gebyar Hardiknas 2018 Kabupaten Magetan.

Karena sesuai dengan peringatan Hardiknas Kabupaten Magetan 10 – 12 Mei 2018 Ko,” kata Panitia Lomba Melukis Caping, di GOR Ki Mageti, Kamis (10/5/2018). Menurut dia, pergelaran lomba melukis Caping tingkat PAUD/TK, dan SD, bertujuan meningkatkan kreativitas serta pengembangan bakat dan minat anak – anak terutama seni bidang melukis atau gambar.

Panitia memberikan kebebasan kepada peserta untuk mengekspresikan imajinasinya tentang Hardiknas 2018 ke sebuah gambar. Menggambar manusia, pemandangan pegunungan, laut, suasana pasar, sekolah, ataupun lainnya yang berkaitan dengan perayaan Haediknas Kota Pariwisata ini. “Kami memberikan kebebasan kepada seluruh peserta lomba melukis untuk memberikan warna gambar yang telah disediakan. Sementara untuk peserta menggambar, panitia juga tidak membatasi objek yang akan digambar peserta, pokoknya berhubungan dengan peringatan Hardiknas 2018,” jelasnya.

Bagi peserta yang lolos menjadi juara pertama, kedua, dan ketiga, panitia akan memberikan hadiah berupa uang pembinaan, piagam, serta piala untuk masing – masing pemenang di setiap kategori tersebut. Salah seorang peserta lomba mewarnai, Dian (5), mengaku senang mengikuti lomba tersebut. Meskipun kesulitan menggunakan tinta warna, namun murid TK Aisyah Kota Magetan tersebut tetap semangat menggoreskan tinta aneka warna ke Caping yang telah disediakan panitia. “Tangan saya capek menggunakan kuas dan cat warna. Tapi saya senang mengikuti lomba ini, karena banyak temannya dan ramai sekali. Apalagi jika nanti menang akan mendapat hadiah uang jajan dan piala,” tuturnya.

Bupati Magetan, Sumantri disela-sela acara menjelaskan dipilihnya Caping sebagai media lukis anak-anak Paud dikarenakan Caping merupakan budaya lokal Magetan. “Caping dipakai petani untuk mencari nafkah, kita harus mengenalkan itu pada anak-anak kita, bahwa caping itu budaya lokal Magetan,”kata Sumantri, Kamis (10/5/2018).

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magetan, Joko Santoso saat di komfimasi mengatakan, bahwa tujuan dari Gebyar Hardiknas adalah untuk menggalang kebersamaan untuk membangkitkan semangat pentingnya kemajuan pendidikan. “Peringatan ini sejalan dengan tema Peringatan Hardiknas tahun 2018,”pungkas Joko. (Gal)

 

News Feed