oleh

LKPJ Akhir Masa Jabatan Bupati Magetan 2013 – 2018 di DPRD

Fraksi Demokrat saat membacakan sanggahan terhadap LKPJ Bupati Magetan, Senin (7/5/2018) Malam

Beritatrends.com, Magetan – Pembahasan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Akhir Masa Jabatan (AMJ) Bupati Magetan Tahun 2013-2018. Hal ini ditandai dengan penyerahan keputusan DPRD Kabupaten Magetan tentang Rekomendasi LKPJ AMJ Kepala Daerah tahun 2013-2018.

Penyerahan keputusan tersebut disampaikan oleh Angota DPRD Kabupaten Magetan kepada Bupati Magetan Dr. Drs. Sumantri dalam rapat paripurna istimewa DPRD Kabupaten Magetan, Senin (7/5/2018) malam.

Rapat paripurna istimewa yang dipimpin oleh Ketua DPRD Karmini, S.Sos tersebut dihadiri oleh anggota DPRD. Dari pihak eksekutif hadir Bupati Magetan, Sumantri dan Forkopinda Kabupaten Magean.

Rekomendasi tersebut disampaikan sebagai evaluasi penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan daerah selama 5 (lima) tahun. Rekomendasi ini diberikan setelah memperhatikan laporan hasil kegiatan Panitia Khusus (Pansus) yang dibentuk DPRD untuk mencermati, membandingkan dan menelaah LKPJ AMJ Kepala Daerah Tahun 2013-2018.

Terhadap LKPJ AMJ Kepala Daerah tersebut, DPRD memberikan beberapa rekomendasi strategis. Rekomendasi tersebut berupa catatan-catatan strategis yang terdiri dari laporan kegiatan Panitia Khusus (Pansus) pembahasan LKPJ AMJ Kepala Daerah Tahun 2013-2018 yang disampaikan pada rapat paripurna DPRD sebelumnya. Dalam rekomendasi tersebut setidaknya terdapat beberapa poin yang diberikan oleh DPRD dan perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah. “Terdapat kesalahan penulisan angka yang cukup mengangu,” kata Pangayoman dari Fraksi Demokrat.

Lanjutnya, pada akhirnya, pada kesalahan tersebut di kritisi karena pansus kesulitan dalam penjumlahan, tapi panitia pansus memaklumi, karna ini masih sementara. hanya sementara sifanya, belum dilakukan audit oleh PPK

“Pendapatan Asli Daerah (PAD) meningkat  27, % dari tahun sebelumnya, dari retribusi parkir 112,22 % belanja tidak langsung tidak memenuhi target. Progran Dinas Kominfo tentang Pengolahan Web SKPD, sayangnya hanya 9 OPD yang memanfaatkanya,”terangnya.

Sambutannya Bupati Magetan Sumantri, menyampaikan LKPJ AMJ Kepala Daerah Tahun 2013-2018 merupakan implementasi dari Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007 Tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) kepada pemerintah, LKPJ Kepala Daerah kepada DPRD dan Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (ILPPD) kepada masyarakat yang menyebutkan bahwa kepala daerah mempunyai kewajiban untuk memberikan LPDD kepada pemerintah dan memberikan LKPJ kepada DPRD serta menginformasikan ILPPD kepada masyarakat.

“Hari ini DPRD Kabupaten Magetan telah menyerahkan Keputusan DPRD Tentang Rekomendasi atas LKPJ AMJ Kepala Daerah Tahun 2013-2018. Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setulus-tulusnya disertai harapan semoga semua masukan dari legislatif dapat digunakan sebagai bahan untuk melaksanakan tugas-tugas eksekutif pada masa mendatang, utamanya dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan serta pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Magetan,” kata Bupati Sumantri.

Lanjut Bupati Sumantri, dia mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada pimpinan serta segenap anggota DPRD maupun semua pihak yang terkait atas segala perhatian, bantuan dan kerja sama positif yang telah diwujudkan selama ini.

“Mudah-mudahan dalam menghadapi tugas-tugas mendatang, jalinan hubungan kerja sama yang telah terbangun dengan baik selama ini dapat terus kita pertahankan dan kita tingkatkan bersama,” pintanya. (Gal)

News Feed