oleh

Catur Setyo Harsono dan Suryadi di Lantik Sebagai PAW Anggota DPRD Magetan

Ketua DPRD Magetan Karmini melanntik dua PAW anggota DPRD sekali gus menanda tangani berita acara, Selasa (8/5/2018)

Beritatrends.com, Magetan – Karmini, S.Sos, Ketua DPRD Kabupaten Magetan – Jawa Timur melantik Catur Setyo Harsono dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggantikan Nur Wahid, danSuryadi, ST menggantikan Joko Suyono, S.Sos dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) pada Pergantian Antar Waktu (PAW) untuk masa jabatan 2014 hingga 2019.

Saudara Catur Setyo Harsono merupakan PAW dari Nur Wahid dari Fraksi PKB dan saudara Suryadi, ST menggantikan Joko Suyono, S.Sos dari Fraksi PDI Perjuangan yang mengundurkan diri mencalonkan sebagai Wakil Bupati pada Pilkada 27 Juni 2018 mendatang,”kata dia.

Ia mengatakan proses PAW tersebut dilakukan berdasarkan Undang-Undang nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD pasal 410 ayat 1 hingga 7.

Kemudian lanjut dia, diperkuat dengan Peraturan Pemerintah nomor 16 tahun 2010 tentang pedoman penyusunan peraturan DPRD tentang tata tertib DPRD pasal 13 dan pasal 17 ayat 1 hingga 3 tentang Pemberhentian Antar Waktu.

Ia menerangkan proses PAW tersebut telah melalui seluruh mekanisme dan sesuai aturan, mulai dari penyampaian surat dari partai PKB dan PDI Perjuangan pada pimpinan DPRD tentang pengusualn PAW.

Kemudian lanjut dia, dari surat tersebut DPRD setempat juga telah menyampaikan surat kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat terkait permintaan calon pengganti antar waktu periode 2014-2019.

“Setelah itu DPRD kembali mengirimkan surat kepada Gubernur Jawa Timur, sehingga dikeluarkan surat tentang peresmian pemberhentian antar waktu atas nama Nur Wahid dan Joko Suyono, S.Sos,”ujar dia.

Ia menyebutkan setelah resmi dilantik anggota DPRD Catur Setyo Harsono dan Suryadi akan menempati komisi bidang yang telah ditempati Nur Wahid dan Joko Suyono saat itu.

Karmini menyebutkan selama menjabat Nur Wahid dan Joko Suyono dikenal sebagai anggota dewan yang sangat dekat masyarakat makanya keduanya melanjutkan tugasnya menjadi calon wakil bupati lewat partai nya masing-masing karena tugas dari partai keduanya orang terbaik di partainya.

Selain dekat dengan masyarakat, kedua kader terbaik itu juga dikenal sebagai sosok yang taat akan menjalankan ibadah keagamaan. “Keduanya merupakan salah satu kader terbaik PKB dan PDI Perjuangan, baik di masyarakat dan di lingkungan institusi keduanya sangat disegani dan dihormati,”ujar dia.

Sementara itu Bupati Magetan Dr. Drs. Sumantri, MM. mengatakan, dengan adanya proses PAW tersebut diharapkan kinerja dewan semakin baik dalam membantu roda pemerintah setempat.

“DPRD merupakan bagian dari pemerintah Kabupaten Magetan, sebagai lembaga legislatif DPRD memiliki peran strategis dalam pembangunan daerah,” ujar dia.

Ia berharap anggota dewan yang baru dilantik tersebut dapat menjalankan amanah yang diberikan masyarakat sesuai ketentuan yang berlaku. (Gal)

News Feed