oleh

Selamatan Buka Giling, PG Purwodadi Gelar Pesta Budaya PWBS

Pesta Budaya PG Purwodadi

Beritatrends.com, Magetan – Pabrik Gula (PG) Purwodadi mengelar Pekan Budaya Wisata SAE (PBWS) yang merupakan rangkaian pesta budaya dalam rangka selamatan giling pabrik gula Purwodadi tahun 2018, Minggu (6/5/2018).

PG purwodadi masih mempertahankan budaya daerah, dengan menampilkan tari gambyong kolosal, teatrikal budaya Lampahe Gendis dan diadakanya wayang kulit dengan lakon Semar Gugah yang dikemas Ki Gendis Gugah pada malam harinya.

Bupati Magetan Sumantri yang hadir dalam PBWS mengatakan ada 3 syarat yang harus dipenuhi jika ingin memajukan PG Purwodadi

” ada 3 syarat yang harus dipenuhi, produksifitas harus ditingkatkan, rendemen harus diatas 7/8 dan harga tidak melebihi HIT,” kata Sumantri, Minggu (6/5).

karena beberapa hal, petani tebu di magetan mengalami patah semangat, melalui buka giling diharapkan petani tebu bisa bergairah lagi, untuk medapatkan hasil yang memuaskan. agar petani dan pengusaha tebu bisa untung.

“Pekan budaya ini akan berdampak positif terhadap pengembangan pariwisata dikabupaten Magetan, semoga lebih dikembangkan lagi oleh PG Purwodadi, sehingga bisa mewujudkan cita-cita Magetan menjadi kota wisata,” Pungkas Bupati Magetan.

Bupati Magetan Sumantri dan JM PG Purwodadi Rahadi Koentjoro saat diwawancarai Media, Minggu (6/5/2018).

Rahadi Koentjoro, General Manager PG Purwodadi mengatakan dengan bahan baku 240.000 ton akan menghasilkan produksi gula total 18.500 ton, untuk membawa PG Purwodadi tetep exis,” terangnya, Minggu (6/5).

Dengan penanaman bibit yang berkwalitas, kita akan mengembangkan areal tebu yang lebih luas lagi.

Dengan mencari sumber-sumber bahan baku yang ada di karesidenan Madiun, kita optimis akan nelampaui hari kerja diatas 110 hari, supaya PG Purwodadi tetap bisa giling,” Pungkas ADM PG Purwodadi.

Selain itu PG Purwodadi memanfaatkan lahan yang tidak terpakai untuk memberikan kontribusi yang positif untuk perusahaan, maka terbentuklah Siter Argo Wisata (SAE) dan Edukasi PG Purwodadi yang grand opening pada 29 Maret 2018 kemaren.

Agung, pengelola SAE,”dengan wahana res area dan taman selfi sebagai daya tarik pengunjung. juga ada kereta wisata yang mampu memuat 36 penumpang yang kita putar dari dalam pabrik sampai keluar pabrik bersamaan dengan pekan budaya PG Purwodi”. (Gal)

News Feed