oleh

Penutupan TNI Manunggal Membangun

Beritatrends.com, Sidoarjo – Genap 30 hari telah berlalu, telah tiba waktunya anggota Tim Satgas TMMD ke 101 berpisah dan kembali ke Kesatuan masing-masing. Tepat pada tanggal 03 Mei 2018 pukul 09.00 WIB TMMD ke 101 TA. 2018 di Penatar Sewu Tanggulangin Sidoarjo ini telah resmi ditutup oleh Kepala Staf Komando Armada RI Kawasan Timur, Laksamana Pertama TNI I.N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M. Beliau Hadir sebagai Inspektur Upacara dan membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat.

Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-101 Tahun 2018 ini, dalam keadaan sehat wal’afiat.Pada kesempatan yang berbahagia ini, Beliau juga menghaturkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Pemerintah Daerah Sidoarjo dan serta berbagai pihak lainnya, yang telah mendukung terlaksananya program TMMD ini secara totalitas.

Demikian juga kepada seluruh komponen masyarakat yang senantiasa hadir untuk bergotong royong dan bahu – membahu guna menyelesaikan seluruh pekerjaan secara maksimal, termasuk kepada warga masyarakat yang telah menyambut dan menerima anggota Satgas untuk tinggal bersama layaknya keluarga sendiri.

Tanpa terasa, tiga puluh hari Kemanunggalan TNI-Rakyat mMembangun Desa telah berlalu. Hari ini, secara Serentak di 50 wilayah di seluruh tanah air, kita merayakan dan mensyukuri atas capaian yang kita raih dalam kurun waktu tersebut. Semoga tekad dan itikad yang dilandasi semangat pengabdian yang tulus dan ikhlas selama pelaksanaan TMMD ini, dapat terganjar dengan kebahagiaan masyarakat yang ada di sekitar kita.

Selaras dengan tema TMMD tahun ini, “TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa” Kita bersama sangat berharap agar TMMD tidak hanya menghasilkan output berupa fisik semata, namun juga mampu membangun karakter Bangsa, khususnya generasi mudanya.

Ditengah badai krisis global dan epidemi virus kebangsaan, kita dituntut untuk lebih mampu memelihara dan mengembangkan segenap potensi Bangsa, baik Sumber Kekayaan Nasional, SDM maupun yang lainnya. Oleh karenanya, demi mewujudkan Bangsa yang mandiri dan sejahtera dalam kerangka NKRI, maka berbagai hal positif yang telah dilakukan selama ini, harus terus dilanjutkan bahkan dikembangkan.

Sasaran TMMD, telah memberikan hasil yang sangat signifikan dan bermanfaat bagi masyarakat yang ada di sekitarnya. Dengan dukungan anggaran dari Pemda Sidoarjo Satgas TMMD dapat menyelesaikan pekerjaan fisik dan non fisik sesuai dengan sasaran dan alokasi waktu yang ditetapkan dengan aman.

Sasaran fisik telah dituntaskan, baik berupa pembangunan sarana transportasi dan rehabilitasi jalan, pembuatan dan perbaikan sarana irigasi dan sanitasi, rumah ibadah, tempat tinggal dan sekolah, serta berbagai pusat kegiatan masyarakat.

Kemudian dari aspek non fisik,disela-sela kegiatan pengerjaan sasaran fisik, Satgas juga menyelenggarakan kegiatan penguatan Imunitas Bangsa dalam rangka peningkatan daya saing generasi muda. Kegiatan yang dilaksanakan diantaranyaberupa sosialisasi dan pembekalan wawasan kebangsaan, kewaspadaan nasional, kecintaan tanah air, penangkalan penyalahgunaan Narkoba dan penyebaran paham radikal serta berbagai kegiatan lainnya.

Melalui program fisik dan non fisik tersebut, TMMD dapat memberikan platform atau landasan kehidupan berbangsa dan bernegara yang selaras dengan cita-cita Bangsa Indonesia, yaitu mewujudkan  Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

Dansatgas TMMD ke 101, Letkol Inf Fadli Mulyono, S.I.P juga menyampaikan ” Saya atas nama pribadi dan selaku Dansatgas TMMD, saya menyampaikan permohonan maaf jika selama kegiatan ini terdapat sikap dan perilaku anggota Satgas yang tidak sesuai dengan harapan masyarakat.” Tuturnya.

Kemudian, Beliau berpesan agar kita senantiasa memelihara semangat, kebersamaan, persatuan, toleransi atas perbedaan dan budaya gotong royong, serta kepercayaan diri dalam kehidupan keseharian kita. Saya juga minta agarfasilitas dan Sarpras yang telah dibangun ini senantiasa dijaga dan dipelihara agar dapat bermanfaat dalam kurun waktu  yang cukup lama bagi masyarakat. (Zeey//Lyn)

News Feed