oleh

Dinas PUPR Kabupaten Magetan Mulai Proses Lelang, Pelaksanaan Bulan Juni/Juli

Salah satu Proyek Jalan Twind Road yang di kerjakan PUPR Magetan

Beritatrends.com, Magetan – Lelang Proyek Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Magetan – Jawa Timur sudah sebagian berlangsung pada awal bulan Mei. Pasalnya proses perencanaan baru selesai di akhir bulan April untuk dipresentasikan.

“April kita sudah mempresentasikan perencanaan tersebut, sehingga awal Mei kita mulai lelang proyek,” jelas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Magetan, Ir. Hergunadi melalui Kepala Bidang Bina Maga Ir. Muchtar, Kamis (3/5/2018).

Muchtar menjelaskan untuk tahun 2018 proses pelelangan pekerjaan fisik sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Proses pelelangan proyek tidak menunggu kesiapan seluruh paket pekerjaan selesai. Paket yang telah lebih dulu siap akan segera dilelang.

Menurutnya, cara pelelangan tersebut dilakukan untuk mempercepat penyerapan anggaran. Sebab bila penyerapan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) di Kabupaten Magetan terlambat dilakukan, maka anggaran tersebut akan dipindahkan ke daerah lain yang penyerapan anggarann tinggi.

“Dalam tahun anggaran 2018 ini, harapannya seluruh paket pekerjaan yang dikelola Dinas PU Kabupaten  Magetan dapat dilelang secepatnya, agar seluruh pekerjaan juga bisa dikerjakan lebih awal, sehingga pekerjaan tersebut bisa diselesaikan secara tepat waktu,” katanya.

Ia mengatakan penyerapan anggaran diharapkan bisa dilakukan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat  dan dana tidak dialihkanke daerah lain.  “Kita kejar anggaran tetap di Kabupaten Magetan, karena kita membutuhkan pembangunan di Kabupaten Magetan,” katanya.

Dia menuturkan belum berjalannya proses lelang di Dinas PUPR  bukan disebabkan adanya keterlambatan Petunjuk Teknis (Juknis) dari Kementerian PU. Melainkan, keterlambatan terjadi akibat proses perencanaan pekerjaan yang dilakukan secara paralel dalam tahun anggaran yang sama.

“Juknis pekerjaan tahun anggaran 2018 dari Kementerian PU, Dinas PUPR Kabupaten Magetan telah mendapatkan asistensinya sejak tahun 2017 lalu. Namun, perencanaan yang dilakukan secara paralel dengan tahun anggaran, maka hal tersebut menimbulkan keterlambatan pada proses presentasi pekerjaan, pelelangan pekerjaan, dan juga realisasi fisiknya,” katanya.

Ia menambahkan ke depan Dinas PU akan berkoordinasi dengan Asisten III yang membidangi pembangunan di Kabupaten Magetan agar proses perencanaan bisa dilakukan lebih awal sebelum tahun anggaran berjalan.(Gal)

 

News Feed