oleh

Tingkatkan SDM Kepala Desa dan Perangkat Se- Kecamatan Sukorejo Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa

Kades dan perangkat se-Kecamatan Sukorejo Ponorogo ikuti pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa dan study banding

Beritatrends.com, Ponorogo – Dalam rangka untuk meningkatkan kapasitas dan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam membuat atau menciptakan tata kelola keuangan yang transparan dan akuntabel sesuai dengan aturan yang berlaku, seluruh Kepala Desa besera perangkat se-Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo mengikuti pelatihan kapasitas aparatur desa.

Ketua Pantia Kegiatan yang juga Kepala Desa Prajegan, Slamet saat dikonfirmasi mengatakan suatu kemustahilan program-program pembangunan yang dilaksanakan di desa dapat terlaksana dengan baik, tanpa dibarengi dengan pembangunan peningkatan kapasitas dan SDM aparatur pmemerintah desa yang memadai. Apalagi, di masa sekarang aturan-aturan desa yang dibuat pemerintah terus berubah-ubah dan belum seluruhnya diterbitkan pemerintah. Untuk itu, guna meningkatkan kualitas, kapasitas dan SDM aparatur pemerintah desa, mendalami terkait tata pengelolaan keuangan yang diawali dari perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan desa, Kecamatan Sukorejo menggelar pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa.

“yang dihadiri oleh Kepala Desa, Sekretaris Desa, Bendahara Desa dan operatur APB Des selama tiga hari di Pujon Malang dengan narasumber BPKP dari Provinsi Jawa Timur. Yang diharapkan dalam pelatihan ini, para aparatur pemerintah desa di Kecamatan Sukorejo memiliki pemahaman –pemahaman petunjuk dan teknis terkait tata kelola keuangan di desanya masing-masing, “kata Kepala Desa Prajegan, Slamet, Jum’at (20/4).

Slamet menambahkan, bahwa dengan adanya pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa ini memang sangat perlu dan dibutuhkan, sebab nantinya dapat menyingkronisasi pemahaman-pemahaman yang sama dengan desa-desa di Kecamatan Sukorejo dlam menyusun progam kegiatan kedepan demi pembangunan dan kemajuan desa.

“selain itu, dalam pelatihan kapasitas apartur pemerintah desa tersebut, bukan hanya pemahaman petunjuk secara teknis saja, namun kita juga melakukan study banding di Desa Pujon kidul Malang. Sebagai edukasi langsung tentag tata kelola keuangan, perencanaan, pelaporan dan kemandirian potensi desa melalui BumDes, “imbuhnya.

Lebih lanjut Kepala Desa Prajegan ini menuturkan dengan pelatihan kapasitas aparatur pemerintah desa dan study banding ini, diharapkan mampu meningkatkan tata kelola desa, perencanaa desa dan kawasan, inisiasi pembentukan BUMDes dengan optimalisasi potensi desa.

“sehingga mempunyai kemandirian dalam mengoptimalkan dan mengali potensi desanya masing-masing sebagai wujud peningkatan perekonomian demi kemajuan dan meningkatkan warga masyarakat desanya, “tuturnya.(Sul)

News Feed