oleh

Aksi Tutup Hidung Patung Suryo Di Tanggapi

Beritatrends.com, Magetan РDinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magetan mengelar rapat Koordinasi  dengan mengumpulkan Dinas-dinas terkait, Aktifis Lingkungan Hidup dan perwakilan UPTD Lingkungan Industri Kulit Disperindag Propinsi Jatim, Terkait Aksi protes pencemaran linkungan yang terjadi diMagetan oleh warga Magetan, Rabu (18/4).

Rapat merupakan tanggapan dari aksi protes warga Magetan yang merasa keluhanya mengenai limbah menemui jalan buntu, salah satu Aktifis Lingkungan Hidup mengelar aksi tunggal dengan menutup hidung patung Gubernur Suryo dengan masker. hal itu sebagai wujud protes bau limbah B3 yang sudah bertahun-tahun mencemari lingkungan hidup dikabupaten Magetan.

“Permasalahan pengolahan sampah yang menyebabkan bau, yang menggangu masyarakat Magetan bisa diselesaikan disini. teryata dari aktifis lingkungan hidup membahas lebih dalam mengenai proses (a green project) dari dahulu yang tidak ditanggapi sebanyak 9 tahapan,” Kata Agung Lewis Plt DLH Magetan, Rabu (18/4).

“Hasil dari 9 tahapan tersebut akan kami laporkan ke Bupati, bahwa dari aktifis lingkungan hidup sudah melangkah 9 tahap ini, kita minta waktu satu bulan untuk menentukan langkah,” jelas Agung kepada Beritatrends.

Aktifis Lingkungan Hidup, Rudi Setyawan (Rugos) mengatakan akan menunggu dalam tempo satu bulan sesuai kesepakatan dalam rapat, bila tetap tidak ada solusi, Pemkab akan menindak dan menutup usaha-usaha yang menimbulkan limbah tersebut.

“Dinas-dinas yang terkait sudah berjanji dan sepakat bahwa bau dan kerusakan lingkungan limbah B3 merupakan permasalahan yang serius, bila dalam satu bulan belum ada langkah, akan dilakukan penutupan,”ujar Rudi.

“Kita belum puas sampai disini, kalau bau itu masih ada dan sebelum penanganan limbah tersebut benar-benar sesuai standard undang-undang yang berlaku, kita tidak akan pernah berhenti untuk berjuang,” pungkas Rugos.

Selain itu, dari perwakilan UPTD Lingkungan Industri Kulit Disperindag Provinsi Jatim, Juremi akan melaporkan hasil rapat kekepala UPTD,” Saya belum bisa menangapinya sekarang, karena bapak Wahyu kepala UPTD masih umroh. kita sudah sepakat bersama Aktifis Lingkungan Hidup untuk melihat langsung bagaimaa pengolahan IPAL di LIK Magetan,”terangnya. (Gal)

News Feed