oleh

Anggota Persit Cabang Sidoarjo Ikuti Giatan Pemeriksaan Kanker Servik

anggota Persit Kartika Candra Kirana Cabang XLII Koorcab Rem 084/BJ mengikuti kegiatan pemeriksaan deteksi dini kanker servik

Beritatrends.com, Sidoarjo – Sebanyak 100 orang anggota Persit Kartika Candra Kirana Cabang XLII Koorcab Rem 084/BJ mengikuti kegiatan pemeriksaan deteksi dini kanker servik dengan menggunakan metode IVA (inspeksi visual dengan asam asetat).

Sebelum pemeriksaan dimulai, terlebih dahulu diselenggarakan Pengarahan atau sosialisasi tentang deteksi dini kanker servik dan pencegahan kanker payudara oleh dr Elly dari RS DKT Rumkitban Sidoarjo, diadakan Aula Kodim 0816/Sidoarjo yang bekerjasama dengan DKT Sidoarjo dan Klinik DKT Faskes 1 Sidoarjo, kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Persit Kartika Chandra Kirana ke – 72 tahun 2018 di wilayah Cabang XLIII Koorcabrem 084.

Ketua Persit Cabang XLII Eny Fadli Mulyono menyampaikan, saya mengharapkan dengan pemeriksaan hari ini, ibu-ibu lebih mengetahui bagaimana kondisi kesehatan tubuh masing-masing. “Untuk memberi pemahaman tentang IVA test, akan diberikan sedikit penjelasan oleh dokternya langsung,”ucap Eny.

Lanjut Eny, pemeriksaan IVA kanker Servik tersebut dilakukan secara gratis tanpa dipungut biaya kegiatan tes IVA juga bertujuan meningkatkan kesadaran kepada semua anggota Persit tentang pentingnya upaya pencegahan kanker leher rahim sejak dini dan meningkatkan pola hidup bersih, serta sehat, baik di rumah maupun di tempat kerja.

Ditempat yang sama Dokter Umum di RS DKT Sidoarjo, Elly mengatakan IVA merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin, dengan cara melihat langsung dengan mata telanjang, leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat 3-5%. “Sekarang ini lagi musimnya kanker leher rahim atau kanker servik, sudah seperti malaria kalau di Jayapura, setiap detik setiap saat di rumah sakit ada saja pasien baru yang menderita kanker serviks,”pungkasnya. (ZEEY/LYN)

News Feed