oleh

APK Calon Bupati Dan Wakil Bupati Magetan Hilang, Siapa Bertanggung Jawab ?

Disini APK Calon Bupati dan Wakil Bupati Magetan di pasang tapi sudah hilang, Senin (19/3/2018)

Beritatrends.com, Magetan – Baru sehari terpasang Alat Peraga Kampanye (APK) Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Magetan milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magetan berupa Baleho (3×4), spanduk (1×6) dan umbul-umbul (1×4) yang dianggarkan dari APBN senilai Rp. 165.600.000,- (seratus enam puluh lima juta enam ratus ribu rupiah) dengan nomer rekening : 076.01.657778.00.00.06.3364.050.051.521211 dengan system pengadaan langsung, yang dipasang di 18 Kecamatan, se- Kabupaten Magetan sudah banyak yang hilang

Dari tiga APK yang sebelumnya terpasang dilokasi tersebut adalah Baleho (3×4), Spanduk (1×6) dan Umbul-umbul (1×4) yang berisikan tiga gambar Kandidat Calon Bupati dan Wakil Bupati Magetan di Pilkada 2018, beserta visi misi dari ketiga calon dengan harapan dapat berguna sebagai sarana pengenalan calon Bupati dan Wakil Bupati kepada masyarakat di seluruh daerah Kabupaten Magetan untuk menjadikan sebuah pesta demokrasi yang berkualitas.

Tapi tiga APK tersebut ada Dua APK yang hilang entah siapa yang mengambilnya, Dua APK yang hilang tersebut adalah APK pasangan nomor urut Satu dan APK pasangan nomor urut Dua, diwilayah daerah pertigaan Dukuh Becok, Kelurahan Kartoharjo, Kecamatan Kartoharjo, tentunya hal tersebut menimbulkan beragam paradigma di tengah masyarakat, Minggu (18/3/2018) kemarin.

Vieta Aprilia Suhana (29) warga Kelurahan Kartoharjo mengatakan, saya sering melewati lokasi dimana APK pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati sudah terpasang saat antar jemput anak, pada malam hari pun hingga dini hari ke tiga gambar masih utuh namun pada keesokan hari sudah hilang.

“Kemarin saya lewat sini saat jemput anak saya, gambar – gambar tersebut masih utuh, mungkin hilangnya pada malam hari,”ucap Vieta Aprilia suhana.

Dibenarkan oleh Samsudin saat APK itu dipasang saya melihat sampai sore masih utuh, kalau toh ada angin tentunya semuanya ikut hilang dan kemungkinan bekasnya tidak jauh dari lokasi dimana APK itu terpasang, ini pasti ada yang mengambilnya.

Awak media Beritatrends berupaya mencari keterangan ke KPU Kabupaten Magetan di Jalan Karya Dharma No. 70 Magetan, Ketua KPU Magetan Hendrat Subiyakto mengatakan, bahwa untuk AKP itu merupakan tanggung jawab Pak Marsono bidang Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat.

Menurut Marsono mengatakan, ketentuan terkait desain dan materi alat peraga ditentukan oleh KPU terdapat pada Pasal 29 dan Pasal 30 : Desain dan materi Alat Peraga Kampanye sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (1) dan ayat (2) dibuat dan dibiayai oleh Partai Politik atau Gabungan Partai Politik, Pasangan Calon dan/atau Tim Kampanye sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan oleh KPU Provinsi/KIP Aceh atau KPU/KIP Kabupaten/Kota.

“Desain dan materi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat memuat nama, nomor, visi, misi, program, foto Pasangan Calon, tanda gambar Partai Politik atau Gabungan Partai Poitik dan/atau foto pengurus Partai Politik atau Gabungan Partai Politik,”ucap Marsono kepada Beritatrends via whatsapp, Senin (19/3/2018)

Ditempat yang berbeda Ketua Panwaslu Abdul Aziz Nuril Huda, S. Pdi mengatakan, ini kami juga lagi membicarakan mengenai APK yang hilang, kami belum ada laporan secara tertulis, namun kami hanya menerima laporan secara lisan bahwa di wilayah Maospati dan Kartoharjo APK pada hilang.

“Tentunya semua ada aturannya karena pembuatan APK dan pemasangan dilakukan oleh KPU, kalau pemasangan asal-asalan apa bila hilang atau rusak sebelum dilakukan serah terima kepada pasangan calon tentunya masih tanggung jawab KPU dan KPU yang harus mengganti karena pembuatan APK menggunakan uang negara,”ucapa Aziz kepada Beritatrends, Senin (19/8/2018).

Dan apabila sudah dilakukian serah terima kepada calon Bupati dan Wakil Bupati, tentunya para calon Bupati dan Wakil Bupati lah yang mengganti APK tersebut.“Hingga sampai hari ini kami selaku Panwaslu belum bisa menemukan penyebabnya hilangnya APK tersebut, kalau ini ada unsur kesengajaan untuk menghilangkan APK tentunya jelas menyalahi aturan dan ini termasuk ada pidananya, makanya kami akan mencari penyebabnya APK itu bisa hilang,”pungkas Aziz. (Gal)

News Feed