oleh

SMP Negeri 2 Tahun 2019 Rencana Full Day Scholl

Siswa-siswi SMP Negeri 2 Magetan Saat upacara bendera

Beritatrends.com, Magetan – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Magetan rencana akan menerapkan full day school. Sekolah 8 jam sehari itu diterapkan yang sudah di terapkan SMP Negeri 1 Magetan sejak Januari  2018 itu membuat tantangan baru buat sekolahan kami karena setiap hari, siswa harus mengikuti kegiatan di sekolah mulai pukul 06.45 – 15.30 WIB. Tujuan Pemerintah mewacanakan sekolah 8 jam selama 5 hari dalam seminggu

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Magetan Nur Salim melalui wakil kepala sekolah Retno Sri Wahyuni mengatakan, kami sudah mengajukan kepada Dinas Pendiikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magetan untuk kurikulum Fullday Scholl, tetapi bukan untuk saat sekarang.

“Namun untuk tahun 2019, kalau ada perintah dari Dinas, kita akan terapkan Di SMP Negeri  2 Magetan ini, kita rencana mulai terapkan Full Day atau lima hari kerja, mulai hari Senin sampai Jum’at dalam semingu,”ucapa Retno kepada Beritatrends, Minggu (18/3/2018) via phone.

“Proses pembelajaran dengan sistem full day di mulai dari pukul 06.45 WIB – 14.00WIB yaitu Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), lalu 14.00WIB – 14.30 Literasi di dalam maupun di luar kelas, Pukul 14.30WIB – 15.45 WIB kegiatan Mandiri, ada beberapa macam termasuk Extrakurikulir yang sudah di pilihkan, Belajar mandiri, materi yang kurang di pahami bisa langsung diselesaikan saat itu juga,”terang Retno, ini kita akan ikuti jejak SMP Negeri 1 Magetan yang sudah mulai duluan.

Ditambahkannya, dengan full day, jangan sampai ada tugas yang dibebankan kepada anak untuk dikerjakan di rumah. semua tugas Akademik maupun non-akademik bisa diselesaikan disekolah. Fullday di rencananya awal tahun 2019, kita menunggu  evaluasi untuk proses belajar fullday ini.

“Sesuai aturan Perpres terbaru, Metode Fullday ini dibolehkan, tatapi tergantung pada kesiapan sekolahnya masing – masing, kalau sekolahnya tidak siap kita juga tidak akan memaksakannya,”ucapnya.

Kalau di lihat dari perkembangan Fullday di SMP Negeri 1 Magetan secara speckivikasinya untuk pengembangan pendidikan karakter, melalui kegiatan-kegitan Akademik/non akademik. Yang membuat dari sisi perilaku, dari sisi kemampuan anak menjadi lebih baik makanya kami akan memusyawarakan kepada orang tua wali murid mereka setuju apa tidak.

“Memang secara ideal kami belum siap, tetapi kalau sudah perintah Dinas, mau tidak mau tetap kita laksanakan,”jelas Retno.

Orang tua wali murid SMP Negeri 2 Magetan dari Julia Chariska Wandira kelas 7 A, Dwi Indah sebagai orang, saya ikut sekolahannya saja.

“Tergantung sekolah dan gurunya siap atau tidak, kalau tahun depan dibuat kurikulum FullDay Scholl, saya malah senang, karena hari sabtu anak saya bisa libur,”pungkas Indah.(Gal)

 

News Feed