oleh

Mengaku Miliki Gentong Gaib Berisi Harta Karun Siswoyo Tipu Puluhan Juta

tersangka diapit petugas saat diamankan di kantor Polisi

Beritatrends.com, Ponorogo – Petugas dari Jajaran Polsek Siman membekuk Siswoyo bin kliwon (40) warga jalan Letjen Suprapto Rt 001 Rw 003 Kelurahan Keniten Kecamatan/Kabupaten Ponorogo, lantaran melakukan tindak pidana penipuan, Selasa (13/3).

Dari informasi yang dihimpun, penangkapan terhadap tersangka tersebut, berawal pada bulan Nopember 2016 lalu, yang saat itu korban Muhammad Sabil (56) warga Dukuh Krajan Rt 003 Rw 001 Desa Kepuh Rubuh Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo di datangi oleh tersangka.

Bermaksud meminta tolong kepada korban untuk membuka harta karun di dalam gentong gaib milik tersangka dan jika mendapatkan harta karun tersebut, tersangka berjanji akan di bagi dua dengan korban.

Namun, untuk bisa mendapatkan harta karun itu, tersangka mengatakan kepada korban untuk melakukan puasa selama 21 hari , melakukan Sholat di Masjid Tegal Sari dengan rajin dan dimintai sejumlah uang untuk membayar mahar lima ratus ribu hingga dua juta setiap melaksanakan ritual sebagai syaratnya.

Korban yang tergiur dengan kata-kata manis tersangka pun, akhirnya terperdaya sehingga menurutinya. Hingga aksi tipu-tipu tersangka terbongkar ketika anak korban yang hendak melaksanakan Sholat Dhuhur, mengambil sajadah yang di letakkan di atas gentong gaib tertutupi udeng tersebut dan terlihatlah isinya yang ternyata didalamnya uang mainan.

Melihat hal tersebut, anak korban langsung memberitahukan kepada korban, hingga korban geram. Merasa ditipu mentah-mentah oleh tersangka, korban langsung melaporkan hal tersebut ke pihak yang berwajib.

Kasubbag Humas Polres Ponorogo AKP Sudarmanto saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut dan mengatakan, mendapat laporan dari korban tersebut, petugas langsung melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan tersangka.

“Modus yang digunakan oleh tersangka yaitu mengiming-imingi korban dengan dalih gentong gaib yang terdapat harta karun. Apabila sudah mendapat akan dibagi dua dengan korban, namun korban harus melakukan sejumlah ritual dan membayar mahar hingga total puluhan juta rupiah, “kata Sudarmanto.

Sudarmanto menambahkan, selain membekuk tersangka, petugas juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa 2 (dua) buah gentong, 1 ( satu) buah udeng, 1 ( satu ) buah kain jarik, 1 (satu) buah hulek hulek, 1(satu) buah jubah putih, dan uang mainan kertas seratus ribuan, lima puluh ribuan, dua puluh ribuan , sepuluh ribuan, lima ribuan, dua ribuan dan seribuan.

“Akibat perbuatan tersangka terjerat pasal 378 KUHP tentang tindak pidana penipuan. Guna kepentingan proses penyelidikan lebih lanjut, tersangka berikut barang bukti diamankan oleh petugas di kantor Polisi, “imbuhnya.(Sul)

News Feed