oleh

TOKOH PEMUDA JENEPONTO ANGKAT BICARA TENTANG DEMOKRASI

Hasan Anwar Kepala Biro Beritatrends.com Wilayah Sulawesi Selatan

Beritatrends.com, Jenepanto – Dalam hitungan beberapa bulan kedepan masyarakat dibeberapa daerah akan menentukan pilihannya di ajang perhelatan akbar dengan penuh biaya mahal yaitu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018. Kabupaten Jeneponto yang berada dibagian selatan Provinsi Sulawesi Selatan turut tak ketinggalan sebagai salah satu daerah yang akan melaksanakan pilkada di tahun 2018 ini.

Berbagai promosi atau kampanye politik telah gencar dilakukan oleh para peminat bursa calon pimpinan daerah melalui aneka macam media cetak dan Electronik maupun terjun ketengah tengah masyarakat secara langsung. akan tetapi jika melihat fakta berdasarkan pengalaman lampau, kebanyakan kepala daerah yang berujung terpilih belum sepenuhnya dapat merealisasikan visi misi dan program yang telah diproklamirkan sebelumnya. Hal inilah yang menjadi indikator krisis kepuasan dan ketidak percayaan publik kepada calon kepala daerah Kabupaten Jeneponto.

Hasan Anwar sebagai salah satu tokoh pemuda asal Butta Turatea yang berdominsil di kota Makassar menyampaikan kepada para calon kepala daerah ketika terpilih akan pentingnya memprioritaskan realisasi program yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Jeneponto. Banyaknya program perbaikan infrastruktur yang cenderung tidak merata hingga kepelosok desa dan daerah terpencil lainnya masih membutuhkan perhatian khusus.sebab salah satu masalah yang menjadi kendala masyarakat dalam meningkatkan perekonomian adalah akses perbaikan jalan dan pembangunan lainnya yang berdampak pada hasil dan harga pertanian itu sendiri. Selain dari itu, pelayanan pada sektor pendidikan dan kesehatan juga masih perlu ditingkatkan mengingat banyaknya lapisan masyarakat yang mengimpikan pelayanan prima

Jika merujuk pada UU 23 tahun 2014 yang mengatur tentang pemerintahan daerah,seorang kepala daerah dalam hal ini bupati dituntut dalam memakmurkan atau mensejahterakan masyarakat yang berada dibawah kepemimpinannya.hal ini relevan dengan kewajiban dan dan tugas kepala daerah sebagaimana yang diamanatkan dalam undang undang pemerintahan daerah tersebut.

Jika calon kepala daerah yang terpilih nantinya hanya sebatas mengumbar visi misi dan program tanpa dibuktikan dengan kerja nyata, dapat dipastikan krisis kepercayaan masyarakat terhadap kepala daerah sebagai pucuk pelayan publik akan semakin meningkat.

Kedepannya dalan mengawal program unggulan calon bupati terpilih diharapkan kepada seluruh LSM,ORMAS,WARTAWAN,Organisasi Kepemudaan serta seluruh lapisan masyarakat Dapat mengawal keberlangsungan program unggulan yang menjadi prioritas calon kepala daerah Jeneponto yang terpilih agar terciptanya realasi sistem demokrasi yang sebagaimana kita cita-citakan. (di tulis oleh Hasan Anwar Kepala Biro Beritatrends.com Wilayah Sulawesi Selatan)

News Feed