oleh

Edukasi LPK Berharap, Rakyat Sulawesi Selatan Mempunyai Pemimpin Yang Tauladan

Beritatrends.com, Sulawesi Selatan – Demokrasi menekankan pada emansipasi individu yang memungkinkan semua lapisan bangsa menjadi warga masyarakat yang berbudaya dan bersikap adil pada sesama. Upaya ini perlu dibantu dengan melahirkan suatu system jaringan sosial dimana setiap warga memperoleh Pendidikan Politik, Kesehatan, dan Perumahan yang bermartabat.

Edukasi LPK berjuang keras untuk menghapusakan hambatan–hambatan kreatif yang selama ini mengekang daya intelektual dan budaya masyarakat, sekaligus mebuka pintu selebar-lebarnya bagi perkembangan kehidupan budaya yang meningkatkan nilai-nilai kemanusiaan.

Edukasi LPK juga mengajak seluruh masyarakat untuk besama-sama mengembangkan prilaku toleran di dalam Pendidikan Politik serta keragaman kultur dan saling menghormati kehidupan beragama umat yang berlainan..

Faham Edukasi LPK menyakini bahwa siapapun di negeri ini wajib dan harus menghormati dan melindungi hak-hak individualnya dan sekaligus melaksanakan kewajiban menuntut Pendidikan Politik secara bebas. Untuk menciptakan masyarakat yang terbuka, bebas dari rasa takut penindasan, penghilang paksaan dan kekerasan.

Oleh karenaya terkait tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serentak yang akan dilaksanakan bulan juni mendatang, Empat (4)calon gubernur dan wakil gubernur di provinsi sulawesi selatan juga telah gencar melakukan manuver politik kampanye politik ke semua daerah yang masuk dalam teritorial Sulawesi selatan.

Dibeberapa tempat para tim calon gubernur dan wakil gubernur telah memajang berbagai alat peraga kampanye seperti baliho dan sticker untuk mendongkrak popularitas calon unggulannya.

Walaupun secara khusus,gubernur bukan bagian dari atasan bupati/walikota melainkan hanya sebatas membina,mengawasi,dan mengkoordinasi penyelenggaraan pemerintahan kabupaten/kota, tapi sikap politik masyarakat pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur nantinya juga ikut menentukan keberlangsungan masa depan kesejahteraan daerah sebagaimana yang diharapkan rakyat sulsel

Pada dasarnya jika merujuk pada PP No 19 Tahun 2010 yang mengatur tentang hak dan kewajiban gubernur memiliki kewenangan memimpin penyelenggaraan pemerintahan daerah berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama. oleh karena itu, secara tidak langsung kesejahteraan masyarakat diberbagai daerah di provinsi sulawesi selatan juga menjadi tugas utama bagi calon gubernur dan wakil gubernur terpilih.

Hasan Anwar salah satu Aktivis Lembaga pemberantas korupsi (LPK) dan Kepala Biro Beritatrends.com di Sulawesi selatan angkat bicara mengenai tugas utama calon gubernur dan wakil gubernur yang terpilih nantinya.beliau berpandangan bahwa calon gubernur dan wakil gubernur terpilih jangan hanya sebatas fokus membina daerah tapi juga bersama rakyat ikut mengawasi penyelenggaraan otonomi diberbagai daerah secara serius dan berkesinambungan.

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab maraknya beberapa daerah di provinsi sulawesi selatan mengalami ketertinggalan ekonomi.salah satu faktor tersebut adalah minimnya pengawasan secara total terhadap penyelenggaraan otonomi diberbagai daerah.selain itu, calon gubernur dan wakil gubernur terpilih sangat penting menerapkan atau menjatuhkan sanksi berupa teguran dan penangguhan pencairan dana anggaran daerah terkait dengan kinerja bupati/walikota yang kurang memuaskan.

Hal ini dikarenakan sebab maraknya pengelolaan anggaran daerah yang di duga tidak tepat sasaran. Selain itu Hasan Anwar menambahkan,siapapun calon gubernur dan wakil gubernur terpilih nantinya memprioritaskan realisasi program unggulan sebagaimana yang menjadi bagian dari visi dan misinya. Program unggulan jangan dijadikan sebatas janji manis ditengah masyarakat yang kini mengharapkan pemimpin berintegritas. (ditulis oleh Hasan Anwar Kepala Biro Beritatrends.com Sulawesi)

 

News Feed