oleh

SDA Kabupaten Magetan Upayakan Penghematan Sumber Daya Energi

Saat Sosialisasi hemat energi di Hotel Rejeki Sarangan, Selasa (6/3/2018)

Beritatrends.com, Magetan  – Bagian Sumber Daya Alam (SDA) Pemerintah Kabupaten Magetan Gelar Sosialisasi Pembinaan Dan Pengembangan Energi di Kabupaten Magetan, dalam upaya penghematan sumber daya energi di Kabupaten Magetan, Berdasarkan UU No.30 tahun 2017 tentang energi dan peraturan pemerintah RI No.70 tahun 2009 tentang konservasi energi. Selasa (6/3/2018).

Kepala Bagian SDA Muryono menjelaskan, sesuai kebijakan pemerintah, kita upayakan menegement energi yang lebih baik untuk Magetan dengan mengurangi energi fosil dengan energi  perbarukan. “Karena SDA yang terus meningkat, maka kebutuhan energi akan terus meningkat kita tidak boleh terlalu boros, kita harus menghemat energi listrik,” jelasnya.

Acara Sosialisasi dihadiri Institusi dan perwakilan Kecamatan Se-Kabupaten Magetan, Sosialisasi juga mengundang narasumber Ir. Rudy Krisdianto MM, Kasi Konservasi Energi Dinas ESDM Jawa Timur.

Rudy menjelaskan, kita sedang mengupayakan kebijakan pemerintah tentang pembaharuan energi, bauran energi di Indonesia masih di domonasi energi fosil, pemeritah sudah membuat perencanaan 2025-2050 untuk mengurangi dominasi energi fosil, dengan meningkatkan pengembangan energi pembaharuan.

“Contoh pengembangan energi yang bisa di perbarukan yang sudah dilakukan Pemprov Jatim adalah pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), pembangkit listrik tenaga Mikro Hidro (PLTMH), Biogas untuk memasak dan penerangan,”Rudy. (G.Lih)

News Feed