oleh

Baru 23,5 Persen PJU di Magetan dari Panjang Jalan

Jalan twin road yang segera dipasangi PJU pada Tahun 2018, Minggu (4/3/2018)

Beritatrends.com, Magetan,  – Sudah sepantasnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan Jawa Timur mulai berbenah mengenai penataan wilayah dengan mengganti penerangan jalan umum (PJU), dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) bidang PJU. Setidaknya dengan anggaran yang telah disediakan mulai dari pengadaan tiang untuk tahun 2018 sebanyak kurang lebih Rp. 400 juta dan pengadaan lampu Light Emitting Diode (LED) kurang lebih sebesar 1 Milyar untuk wilayah perkotaan dan kota Kecamatan baik yang wilah atas maupun wilayah bawah.

Dari Tahun 2016 Pemkab Magetan mengganti lampu merkuri PJU dengan LED sudah dilakukan melalui Dinas PUPR bidang PJU, ditargetkan penggantian bolam lampu dari merkuri ke lampu LED sudah ada peningkatan karena dari panjang jalan yang ada di Magetan hingga tahun 2017 kemarin baru mencapai 23,5 persen.

Kepala Dinas PUPR Ir. Hergunadi melalui Kepala Bidang PJU Elmy mengatakan, dengan pengantian lampu merkuri ke lampu LED tentu akan berimbas pada efisiensi energi dan efisiensi pembayaran rekening listrik, dengan menggunakan lampu mercuri, daya listrik yang digunakan mencapai 500 watt untuk satu lampu, maksudnya untuk lampu 250 watt dengan travo 250 watt artinya satu lampu bisa menyedot 500 watt.

“Memang dengan mengganti menjadi lampu LED, setiap lampunya hanya menggunakan listrik antara 40 sampai dengan 80 watt dan garansi pabrikan 4 tahun, sama juga pengurangan listrik hingga 420 watt, berhubung anggaran dana untuk PJU Kabupaten Magetan itu sangat kecil, maka kita lakukan bertahap untuk penggantiannya, dan untuk lampu lama kita pasang di wilayah atas yang bisa menembus kabut dengan maksud bahwa di wilayah tersebut ada penerangannya,”ucap Elmy kepada Bertiatrends, Minggu (4/3/2018).

Rencana bentuk Tiang untuk Twin Road dan stok PJU

Melalui APBD murni dianggarkan pemasangan lampu untuk jalan Twin Road sebanyak kurang lebih 50 tiang dengan dua lampu mengarah ke Utara dan ke Selatan jadi satu tiang dengan dua lampu, serta kemarin kita juga disuruh dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pimprov) untuk memindah tiang Listrik dan tiang tilpon karena pelebaran jalan Twin Road akan dilanjutkan Pemprov Jawa Timur dari Koramil Sukomoro hingga Brancang kantor PAN. Sedang pengantian lampu mulai dari jalan Manggis hingga jalan Munginsidi, Jalan Meyjen Sungkono hingga Jalan Sukowati, Wilayah Gorang Gareng, Wilayah Barat, Wilayah Lembeyan, Wilayah Ngariboyo, dan selanjutnya pada APBD perubahan tahun 2018, tentunya akan dianggarkan lagi untuk pemasangan lampu sepanjang jalan yang ada di Kabupaten Magetan yang kurang 76,5 persen kebutuhan penerangan jalan di Magetan.

“Pemasangan PJU dan penggantian lampu hemat energi ini terbukti bisa menghemat pembayaran listrik, dulunya pembayaran PJU di Magetan bisa mencapai ratusan juta, kemungkinan kita nati bisa membayar lebih hemat 30 persen dari biasanya,”terangnya.

Dan Tahun ini akan kita adakan mulai dari Flay Over perbatasan Magetan – Madiun dan Belotan –Kawedanan. untuk lampu lama akan kita cat warna hijau, biar terlihat lebih menarik dan tidak kusam awalnya cassing warna kuning, akan kita pindah ke jalur atas, pada daerah kabut. Karena untuk lampu warna putih LED dengan kapasitas 300-3500 kelvin akan tidak terlalu berfungsi di daerah kabut.

“Perlu di ketahui ada 2 sistem  jenis penerangan, Timer dan fotosweet, timer/jam 05.30WIB-18.00WIB. ada juga sensor cahaya, tetapi pada musih hujan seperti ini, kita cenderung pakai  potoswet apalagi saat hujan deras ada kelemahan di sistem timer,  sistem timer itu kalau kemasukan semut akan terganguan apapun merk, sedangkan sistem  smart baru ada di Jalan Basuki Rahmat itu bisa dinyalakan kapanpun, mau diredupkan atau diterangkan pakai App menggunakan hand phone dan komputer yang ada di kantor kita ini. Untuk daerah yang lain belum ada, karena biayanya masih terlau mahal bisa mencapai dua kali lipat tapi kedepannya pasti akan kita gunakan sistem itu seperti wilayah kota lainnya,”pungkas Elmy. (Gal)

News Feed