oleh

3.123 KPM Kabupaten Magetan Terima Tuan Rasidi, Bulan Maret Bansos di Luncurkan 2 Kali Pengganti Penerimaan Bulan Januari dan Pebruari

Kepala Gudang Gulun Saat cek mutu beras dan Ini data dari Dinas Sosial Kabupaten Magetan masih bisa mengusulkan 405 KPM lagi, (28/2/2018)

Beritatrends.com. Magetan – Masyarakat mengeluh sudah hampir tiga bulan yang biasanya mendapat Rastra tidak menerima tapi mereka juga menanyakan belum lama ini ada juga yang masih menerima beras sebanyak 10 kg ini merupakan obrolan masyarakat yang mengeluh jatahnya Rastra tak kunjung datang kepada Beritatrends, Rabu (28/2/2018).

Akhirnya Beritatrends berupaya untuk menelusuri apa penyebabnya, pertama yang di temui adalah Gudang Bulog di Gulun Maospati, namun kepala Gudang Faizal tak ada di tempat sedang dilapangan acara sergap dengan TNI untuk persiapan panan raya besuk tanggal 1 Maret 2018.

“Rastra di hapus mas di ganti bansos rastra per KPM mendapat 10 kg dan gratis alias tidak mempunyai nilai tebus, untuk bansos rastra Magetan kuotanya 45.611 Keluarga Penerima Manfaat (KPM),”terang Faizal kepada Beritatrends melalui Whatsapp, Rabu (28/2/2018).

Lanjut Faizal, sebanyak 235 Desa/kelurahan di Kabupaten Magetan menerima bantuan beras bersubsidi (Tuan Rasidi) dari Pemprov Jatim dengan jumlah 3,123 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Penyaluran beras ini dilakukan selama dua hari yakni 22 Februari 2018 kemarin. Penyaluran Tuan Rasidi ini bertujuan terlaksananya program Percepatan dan Perluasan Penanggulangan Kemiskinan khususnya di wilayah Kabupaten Magetan,”jelas Faizal.

Pembagian Tuan Rasidi dikawal langsung oleh Dinas Sosial Kabupaten Magetan dengan memaksimalkan tenaga sosial TKSK, Tagana dan Pendamping Desa/Kelurahan.

Setiap KPM mendapat 10 kg dengan harga Rp 1.600 per kilogramnya. Jadi setiap KPM mendapatkan beras 10 kg cukup dengan membayar 16 ribu rupiah. Adapun sasaran Program Tuan Rasidi ini menggunakan sumber basis data terpadu tahun 2015 dari Kementrian Sosial RI.

Menurut Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Magetan Sucipto menjelaskan, Tuan Rasidi sangat bermanfaat untuk KPM.  Dia ini berharap program ini mampu menurunkan angka kemiskinan.

“Beras memberikan kontribusi yang cukup tinggi di perkotaan dan Desa terhadap garis kemiskinan, sehingga program ini tepat dan kita sambut dengan baik”, ujarnya. Lebih lanjut Sucipto  berharap Program Tuan Rasidi dari Provinsi Jatim ini diteruskan ke depannya.

Lanjut Sucipto kedepan mulai bulan Maret Bansos dua kali salurkan untuk penerimaan bulan Januari dan Pebruari antara tanggal 1 Maret hingga tanggal 16 penerimaan pertama dan tanggal 20 – 30 untuk penerimaan  Bansos yang kedua.

“Ini memang kami lagi merubah perjanjian dari Bagian Ekonomi Kabupaten Magetan ke Dinas Sosial tapi belum putus ini kita pastikan bulan Maret ini bisa segera terealisasi,”pungkas Sucipto.(Gal)

News Feed