oleh

Wilayah Magetan Selatan Akan Dibangun Lima Embung

Kepala BBWS Bengawan Solo Charisal Akdian Manu didapingi Kepala BPBD Kabupaten Magetan Kumari saat di wawancari beritatrends.com pas pasca sungai longsor empat titik di Magetan

Beritatrends.com, Magetan – Pemkab. Magetan saat melaporkan empat titik sungai yang longsor di Magetan, semua tempat yang longsor sudah di teliti bahkan mendatangkan tim Geologi dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo untuk menghitung struktur lapisan tanah nantinya di bangun menggunakan cara seperti apa kontruksinya.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, Charisal Akdian Manu mengatakan, kemungkinan untuk Sungai yang longsor di Magetan itu bisa dikatakan parah artinya membutuhkan biaya yang sangat besar dan kemungkinan untuk sementara kita pending, mohon kepada pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) harus lebih banyak untuk mengingatkan warga yang berada di sekitar wilayah yang longsor di sekitar Kali Gandong empat titik tersebut.

“Berhubung anggaran untuk memperbaiki lokasi yang longsor di Kali Gandong itu membutuhkan biaya yang sangat besar makanya kami memohon kepada BPBD Magetan agar sering monitor dan mengingatkan warga di sekitar wilayah tersebut agar berhati-hati, kemungkinan akan kita anggarkan di tahun depan tahun 2019,” ucap Charisal kepada Beritatrends via phone, Minggu (18/2/2018).

Namun Pemerintah Kabupaten Magetan justru mengajukan infrastruktur Sumber Daya Air (SDA) berupa embung di wilayah Magetan Selatan kepada BBWS Bengawan Solo justru cepat di tanggapi. Hal ini sebagai upaya pemenuhan kebutuhan air irigasi dan air baku penunjang peningkatan produksi pertanian.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Magetan, Ir. Hergunadi melalui Kepala Bidang Sumberdaya Air (SDA) Ir. Yuli K Iswahyudi mengatakan, wilayah Magetan Selatan Kususnya Kecamatan Parang, Kecamatan Lembeyan dan Kecamatan Parang saat kemarau selalau mengalami kekeringan. Banyak lahan petani yang nganggur karena hanya mengandalkan tadah hujan.

“Dengan pengajuan pembangunan embung ini, bupati berharap BBWS Bengawan Solo yang memiliki kerja di Magetan selatan bisa membantu pembangunan beberapa embung,”ucap Yuli kepada Beritatrends Via telepon selulernya.

Sesuai pengajuan desa sebenarnya ada lebih dari 10 embung yang di usulkan DPUPR kepada bupati, mulai dari embung Krajan, Embung Jokerto, Embung Pendem, Embung Balegondo dan embung Banjarejo ini yang kelihatannya di acc dalam waktu dekat.

“Tanah yang digunakan untuk membangun embung adalah tanah bengkok desa. Allhamduliullah peran pak bupati mendapat respon positif dari kepala BBWS Benbgawan Solo. Proposal langsung diserahkan pak bupati kepada Kepala BBWS Bengawan Solo,”jelas Yuli.

Menurut , Kepala BBWS Bengawan Solo kemarin saat kita adakan penelitian tentang sungai yang longsor di empat titik tersebut dalam bulan Maret 2018 kita akan meninjau kondisi lima titik calon yang bakal dijadikan embung. Hal tersebut sebagai bahan untuk dilaporkan ke Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Mungkin Pak Bupati rencana akan ikut ke Kementrian PUPR untuk mengawal ajuan pengusulan pembanguan ini. Mohon doanya saja semoga perjuangan pak bupati dan PUPR Magetan bidang SDA bersama tim bisa di setujui kementrian dan bisa direalisasikan di tahun 2018,”pungkasnya. (G.Lih)

 

News Feed