oleh

7 Fakta Korea Utara Yang Bikin Kamu Heran

 

Berita trends. 7 Fakta Tentang Korea Utara Yang Bikin Kamu Tercengang Apakah Anda selama ini begitu menggemari Kpop dan Kdrama? Semua itu diproduksi dan berasal dari Korea Selatan. Negeri yang indah dan cantik ini memang punya segudang alasan untuk dikunjungi. Nah, di dekatnya ada sang saudara yaitu Korea Utara. Tidak banyak orang yang tahu mengenai Korea Utara. Negara yang tertutup dan di embargo oleh Amerika Serikat ini memang selalu bikin penasaran. Kabarnya, hidup di sana berasa kayak hidup di dunia lain. Berikut 10 Fakta akan membuat Anda terbelalak dan geleng-geleng kepala

1. Kim Il Sung Menganggap Dirinya Tuhan Dulu saat Korea masih menjadi satu, belum ada paham yang dianut seperti sekarang. Semuanya diciptakan oleh Kim Il Sung, yang mendirikan Korea Utara. Ia membuat sebuah konsep yang membuat Korut tidak bisa berkembang. Ia bahkan menganggap dirinya Tuhan dan masyarakat di sana tidak boleh menyembah Tuhan selain dirinya dan beragama. Kim Il Sung menerapkan hal ini dan menjadi kepercayaan hingga hari ini. patungnya disembah oleh warga negara Korut.

2. Hobi Unik Kim Jong Il dan Media yang Berlebihan Setelah Kim Il Sung meninggal, pemegang tampuk kekuasaan adalah sang putra yaitu Kim Jong Il. Ada satu hal yang unik. Pemimpin tertinggi di Korut ini hobi sekali bermain bowling, ia bisa memenangkan 300 permainan berturut-turut. Kim Jong Il adalah pemain Bowling terhebat di Korea Utara, mungkin saja juga didunia. Media Korea Utara pun memberitakan hal ini sesuai dengan perintah pemerintah yang diktaktor. Semua warga harus mengakui bahwa pemimpinnya ini adalah orang yang hebat meski cuman hebat dipermainan bowling. Media Korea Utara memang sedikit lebai atau berlebihan dalam memberitakan tentang pemimpinnya.

3. Mobil dan Motor Hanya Untuk Pejabat dan Militer Kalau di Indonesia, warganya berlomba untuk punya sepeda motor dan mobil sendiri, hal ini tidak bisa dirasakan oleh warga negara Korea Utara. Di sana, yang boleh punya mobil dan motor cuma pejabat pemerintah dan juga pihak militer. Selebihnya? Ke mana-mana harus menggunakan kendaraan umum, sepeda atau jalan kaki. Kebijakan ini dianggap agar semuanya merasakan hidup sama rata, tidak ada kesenjangan. Tidak heran jika di sana ada yang tidak seragam sedikit saja bisa langsung terkena masalah. Misalnya Menyimpan buku atau mendengarkan radio yang bukan dari saluran milik pemerintah.

4. Model Rambut Ditetapkan Pemerintah, Hanya ada 28 Model Ini yang bakalan bikin kamu makin menganga. Percaya atau tidak, di Korea Utara hanya ada 28 model potongan rambut yang boleh digunakan. Tidak hanya itu, bagi pria yang masih muda rambutnya harus pendek dan cepak. Sedangkan bagi wanita yang belum menikah, rambutnya juga harus pendek. Kalau sampai ketahuan melanggar peraturan ini, pihak pemerintah tidak segan-segan untuk memberi hukuman Berat. Dijebloskan ke penjara tanpa melalui proses pengadilan lebih dahulu.

5. Tidak Ada Internet dan Berita Luar Negeri Anda sering mengeluhkan jaringan internet yang lemot? Atau tidak bisa melihat banyak acara televisi karena tidak memiliki jaringan Televisi berlangganan? Maka Anda harus tahu keanehan yang membuat Anda bersyukur tidak tinggal di Korea Utara. Di sana, Anda hanya diperbolehkan melihat saluran televisi dalam negeri saja. Internet juga tidak ada, yang boleh menggunakannya hanya pihak pemerintah, militer serta ekspatriat. Anda juga tidak akan mendapatkan berita apapun yang berasal dari luar negeri kecuali itu disiarkan melalui media milik pemerintah.

6. Pembuat Rudal Paling Besar di Dunia Selama ini, yang paling dikhawatirkan negara-negara lain dari Korut adalah rudalnya. Bagaimana tidak, mereka mengancam untuk meluncurkannya jika perang sampai meletus. Tidak tanggung-tanggung, rudal korea utara selain salah satu yang terbesar juga sudah menggunakan nuklir yang notaben sangat berbahaya karena dampak negatif dari radiasinya. Kabarnya, Korut telah mengembangkan teknologi rudal sejak puluhan tahun dan mereka adalah salah satu negara pembuat rudal yang paling besar dan membahayakan. Tidak heran jika Korea Selatan dan Amerika selalu waspada atas serangan dari ‘saudaranya’ ini.

7. Laki-Laki Wajib Militer 2 Tahun, dan Perbatasan Terketat di Dunia Begitu mengerikannya senjata dan juga kekuatan yang dimiliki oleh Korea Utara membuat Korea Selatan selalu waspada. Agar tidak kekurangan tentara, setiap laki-laki di sana wajib menjalani wajib militer selama 2 tahun. Ternyata, penjagaan perbatasan antara Korea Utara dan Korea Selatan adalah yang paling ketat di dunia. Di sana juga kerap terjadi saling serang dan baku tembak akibat kesalahpahaman sedikit saja, suasana keduanya langsung memanas.