oleh

Rapat Koordinasi Penentuan Dapil di Kabupaten Magetan

Situasi pada rapat koordinasi penentuan dapil Kabupaten Magetan, Rabu (7/2/2018)

Beritatrends.com, Magetan – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) sebagai salah satu penyelenggara Pemilu mempunyai tanggung jawab yang penuh terhadap persiapan dan pelaksanaan Pemilu secara keseluruhan. Terhadap pelaksanaan, Tahapan Pemilu Tahun 2019, salah satu hal yang penting dilakukan KPUD sesuai amanat dari UU Nomor 7 Tahun 2017 sebagaimana tercantum dalam Pasal 195, bahwa KPU menyusun dan menetapkan Daerah Pemilihan (Dapil) Anggota DPRD Kabupaten/Kota, di ruang pertemuan Harmadha Joglo Jalan Diponegoro Selosari Magetan.

Menurut perwakilan Partai Besar di Magetan Seperti PDI Perjuangan dan Demokrat menghendaki agar jumlah daerah pemilihan (dapil) diperbanyak, alasannya, agar pemilih lebih dekat dengan wakil rakyat.

Dan sebaliknya, partai kecil seperti PPP dan PKS menghendaki daerah pemilihan yang ada dipertahankan atau dikurangi. Hal itu terungkap dalam Rapat Koordinasi uji publik usulan daerah pemilihan Legeslatif Kabupaten/kot untuk pemilihan umum tahun 2019, Rabu (7/2/2018).

Sekretaris DPD PAN Magetan, Saifudin mengatakan, kami dari PAN mengusulkan lima Dapil saja, dengan alasan supaya berkesinambungan dan tidak terjadi banyak perubahan

“Dengan lima dapil merupakan solusi paling baik, dikhawatir kalau jumlah dapil semakin diperbanyak sesungguhnya hanya akan menguntungkan partai besar,”ucap Saifudin.

Ketua KPUD Kabupaten Magetan, Hendrad Subiyakto mengatakan rapat ini bertujuan meminta masukan dari elemen masyarakat terkait penataan KPU dalam Pemilu 2019 mendatang. “Uji publik akan di lakukan sampai batas waktu tanggal 13 Februari 2018, dan usulan akan di kirimkan ke KPU Provinsi,”pungkasHendrad. (G.Lih)

News Feed