oleh

Danramil Sidoarjo Melatih kedisiplinan Wasbang

Danramil Sidoarjo dan Babinsa Koramil  dan jajaran Kodim membantu mengajar di SMPN 3 Sidoarjo, Selasa (6/2/2018).

Beritatrends.com, Sidoarjo – Kegiatan Kedisiplinan dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) merupakan tindak lanjut  MoU antara Dandim 0816/Sda dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, tentang TNI Dan Polri mengajar.

“Kami jadwalkan melaksanakan kegiatan mengajar di SMPN 3 Sidoarjo, yang merupakan salah satu SMP Negeri unggulan, kami bawa team pengajar 5 orang dan satu orang fotografer,”ucap Danramil Kapten Arh A.Fahrudin saat ditemui Media Di Kantornya.

Kegiatan mengajar di sekolah-sekolah ini kami diberi jatah 1 jam pelajaran, yang disesuaikan dengan jadwal pelajaran PPKN, sehingga diharapkan tidak mengganggu proses belajar mengajar selanjutnya.

“Sebagai generasi penerus bangsa harus punya semangat dalam menimba ilmu agar kedepan bisa ikut membangun daerah ini menjadi lebih maju, masa depan kita, cita cita kita yang menentukan adalah kita sendiri, bukan orang lain,”ungkap Fahrudin.

Menurut dia, bangsa Indonesia adalah bangsa besar dengan keanekaragaman suku dan budaya serta agama, tetapi dengan perbedaan tersebut kita tetap satu yaitu bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

“Kita harus bangga dengan keanekaragaman tersebut, seperti semboyan Bhineka Tunggal Ika yang mempunyai arti berbeda beda tetapi tetap satu,” tambahnya.

Sedangkan Kepala Sekolah SMPN 3 Sidoarjo Muslik Hasyim M.Pd, mengatakan bahwa dengan adanya program kegiatan mengajar seperti ini tentunya sangat membantu sekolah-sekolah terutama untuk pelatihan disiplin para siswa, dan juga memberi wawasan yang lebih luas tentang Indonesia.

“Kehadiran TNI di sini membuat kami dekat dengan bapak-bapak tentara terutama anak didik kami. Mereka sangat senang dan bangga dengan kehadiran bapak-bapak tentara,”ujarnya.

Pendidikan Baris berbaris (PBB)

Disamping membantu kegiatan mengajar di kelas, prajurit Tentara juga melaksanakan kegiatan di lapangan melatih PBB dan pembentukan disiplin kepada siswa dan ini sangat membantu untuk membentuk karakter serta perilaku yang tertib dan sopan santun, sehingga nantinya dapat diaplikasikan dikehidupan sehari-hari maupun pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Saya sangat senang dan berterima kasih kepada Danramil dan Babinsa yang telah membantu kami dalam proses kegiatan belajar mengajar di SMPN 3 ini, Saya tidak bisa memberikan apapun kepada bapak-bapak Tentara yang telah dengan senang hati dan ikhlas membantu kami ini, sekali lagi saya mengucapkan terima kasih dan bangga,”pungkasnya.(Zeey/Rud)

News Feed