oleh

Belum Selesai Masa Pemeliharaan Proyek Rehabilitasi Bendung Ngantru Magetan Sudah Ambrol

Belum selesai masa pemeliharaan Proyek Bendung Ngantru sudah jebol di bawa arus air, Rabu (4/2/2017)

Beritatrends.com, Magetan – Pelaksanaan Proyek Rehabilitasi bendung, tembok pengaman dan bangunan Ngantru DI Ngantru pada tahun anggaran 2017 ini sudah ambrol yang diakibatkan curah hujan yang sangat deras pada hari Sabtu (27/1/2018) sore.

Proyek Rehabilitasi bendung, tembok pengaman dan bangunan Ngantru DI Ngantru dengan nilai pagu Rp. 423.000.000,- Nilai HPS Rp. 418.083.000,- , dilelang lewat LPSE di menangankan CV. Jaya yang beralamat Jalan Raya Maospati 240 Maospati – Magetan Jawa Timur denganm penawaran Rp. 316.668.000,-.

Menurut Camat Kawedanan Cahaya Wijaya mengatakan, bahwa bendungan itu ambrol terjadi karena kondisi alam yang ekstrim, juga mengakibatkan jebolnya satu jalur jembatan diatasnya yakni jembatan Banjarpanjang.

“Harapan kami dalam hal ini mengutamakan untuk penanganan kebutuhan air bagi petani 151 Ha, untuk sementara diakali dulu dengan memasang tiga pipa besi. Dengan cara digantung dan di cor agar tidak membebani saluran, karena saluran rawan runtuh,”ucap Cahaya kepada Beritatrends.com, Minggu (4/2/2018)

Inipun atas partisipasi masyarakat yang turut serta mengawasi menjaga fasilitas yang ada. Apa bila terjadi sesuatu dengan bangunan tersebut masyarakat segera menyampaikan kepihat dinas terkait mengingat hal tersebut menyangkut kepentingan masyarakat banyak.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Magetan, Ir. Hergunadi melalui Kepala Bidang Sumber Daya Air, Yuli K Iswahyudi mengatakan memang Proyek Rehabilitasi bendung, tembok pengaman dan bangunan Ngantru DI Ngantru yang baru selesai dikerja pada anggaran tahun 2017 kemarin sudah ambro ini karena saat itu curah hujan yang sangat deras.

“Kami sudah menyurati CV Jaya selaku Kontraktor pelaksana Proyek Rehabilitasi bendung, tembok pengaman dan bangunan Ngantru DI Ngantru untuk segera memperbaiki pekerjaanya karena pekerjaan tersebut masih tahap pemeliharaan,”ucap Yuli kepada Beritatrends.com, Minggu (4/2/2018)

Lanjutnya, CV jaya sanggup memperbaiki Proyek Rehabilitasi bendung, tembok pengaman dan bangunan Ngantru DI Ngantru dalam waktu dekat, ini surat kesanggupannya untuk memperbaiki.

“Setelah dilapori kami selaku pengguna anggaran langsung turun kelapangan untuk melakukan tindakan agar jalur air tidak terhambat dan tetap bisa mengaliri pengairan sawah yang ada,”jelas Yuli.

Lebih lanjut, Yuli menjelaskan di SDA itu ada petugas pintu air (PPA) sewaktu SDA masih berdiri sendiri kebutuhan PPA sebanyak 82 orang realisasi lapangan tidak ada orang alias 0 orang sedangkan juru pintu Dam yang di butuhkan 42 orang sedangkan realnya dilapangan 20 orang 4 orang sudah purna tahun 2018 ini.

“Dulu begitu curah hujan deras mereka sudah tahu sendiri untuk mengantisipasi di pintu dam yang ada di Magetan, mereka tanpa di suruh sudah bisa melakukan kerjanya sebagai juru pintu, pintu ini harus ditutup dan pintu ini harus dibuka agar tidak terjadinya luapan air,”pungkas Yuli. (G.Lih)

News Feed