oleh

Sosialisasi Penguatan Kapasitas Satlinmas

Acara sosialisasi peran serta Satlinmas dalam pelaksanaan Pilkada serentak, Kamis (1/2/2018)

 

Beritatrends.com, Magetan – Dalam rangka pelaksanaan pilkada serentak 2018 Satpol PP dan Damkar Kabupaten Magetan Jawa Timur mengadakan sosialisasi terkait peran Satlinmas dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018.

Sosialisasi dilaksanakan 1 Pebruari sampai dengan 5 Maret 2018 kali ini diadakan di Kelurahan Tawanganom Magetan. Peserta sosialisasi berjumlah kurang lebih 50 orang terdiri dari 13 Kelurahan/Desa se – Kecamatan Magetan.

“Optimalisasi Peran Satlinmas dalam pelaksanaan pilkada serentak tahun 2018 kali ini bahwa peran Satpol PP dan Satlinmas yang diharapkan pada saat pilkada,”ucap Rahmad kepala Bidang Penegakan Perda, Kamis (1/2/2018).

Lanjut Rahmad, dalam hal ini Satpol PP dan Satlinmas sebagai pengamanan terbuka pada tiap tahapan Pilkada (jaga, kawal dan patroli), pengamanan tempat-tempat penyelengaraan tahapan Pilkada (gudang penyimpanan logistik, TPS dan Penjagaan Logistik hasil pemungutan suara), bersama Polri melaksanakan Patroli pada masa tenang., bersama Polri melaksanakan penanganan tahap awal setiap gangguan yang terjadi selama tahapan Pilkada, menjaga Netralitas.

“Dengan terbentuknya struktur Satlinmas di Kabupaten Magetan , diharapakan kepada Kepala Pemerintahan sampai tingkat terendah dapat memanfaatkan Satlinmas sebagai Aparatur yang dapat membantu dalam urusan keamanan lingkungan, Ketentraman dan ketertiban umum serta penaggulangan bencana maupun kegiatan kemasyarakatan lainnya,”jelasnya.

Berdasarkan peraturan menteri dalam negeri No 10 tahun 2009 tentang  penugasan Satlinmas dalam penanganan ketentraman ketertiban, dan keamanan penyelengaraan pemilu. Pemendagri Nomor 84 Tahun 2014 tentang penyelenggaraan perlindungan masyarakat.

“Bahwa Satlinmas merupakan satuan perlindungan masyarakat untuk melasanakan kegiatan keamanan, ketentraman dan ketertiban kegiatan sosial masyarakat,”terangnya.

Tujuan sosilisasi tentang peran strategis keterlibatan Satpol PP dalam rangka mengawal pilkada 2018 sebagai penegak perda dan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat, berdasarkan Pasal 126 UU No.15 Tahun 2011 tentang penyelengara pemilihan umum dalam rangka regulasi Satpol PP. (G.Lih)

 

 

News Feed